Scroll to Top

GP China 2012, Salah Satu Balapan Terbaik Sepanjang Sejarah F1

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 17 Apr 2012

GP China musim 2012 secara statistik berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu balapan paling menarik sepanjang masa di ajang Formula Satu.

Formula One GP China 2012

Surat kabar Turun Sanomat memberitakan bahwa hanya ada tiga grand prix dalam sejarah Formula Satu yang termasuk kedalam balapan paling menarik apabila diukur dari jumlah aksi overtaking yang dilakukan masing-masing pembalap.

GP Canada tahun 2011 menduduki posisi pertama dengan total 89 overtaking terjadi selama lomba berlangsung. Balapan yang sempat tertunda selama dua jam akibat hujan deras tersebut pada akhirnya menyuguhkan banyak aksi overtaking dan beberapa insiden.

Salah satu insiden yang mungkin masih dikenang hingga saat ini adalah overtaking liar dari Lewis Hamilton terhadap rekan satu timnya, Jenson Button, yang malah membuat dirinya sendiri mengalami gagal finis.

Tempat kedua, diduduki oleh GP Amerika tahun 1983 dan GP Turki tahun 2011 dengan total 79 overtaking terjadi. Barulah kemudian GP China tahun 2012 kemarin mengambil tempat ketiga dengan catatan 72 aksi overtaking. Sebelumnya, GP China tahun 2011 memiliki 63 aksi overtaking.

Jenson Button dari Mclaren yang finis di posisi dua pada GP China lalu mengakui bahwa balapan itu adalah salah satu yang terbaik sepanjang sejarah F1. “Bagi ku, kami memiliki balapan terbaik dalam sejarah F1”, tegas pembalap Inggris tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda