Scroll to Top

Warga China Bisa Dapatkan Izin Visa Indonesia di Atas Pesawat

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

visa

Warga China yang hendak ke Indonesia, kini dipermudah untuk urusan pengecekan visa.  Lewat program Immigration on Board (IOB), maskapai Garuda Indonesia menyediakan dua petugas imigrasi untuk memproses visa on arrival. Dan, hal tersebut untuk pertama kalinya terjadi di China untuk melayani penumpang yang bukan warga negara Indonesia.

Garuda Indonesia akan melaksanakan program ini pada semester kedua 2012. IOB dilakukan pada rute penerbangan Shanghai-Indonesia. Bagi warga negara asing yang ingin menggunakan layanan ini hanya dikenakan biaya visa on arrival sebesar US$ 25 untuk singgah di Indonesia selama 30 hari. Selain itu, tidak ada pungutan lain.

Untuk menggunakan layanan ini, penumpang dipersilakan membeli voucer IOB waktu check-in di  Bandara Internasional Pudong Shanghai. Dalam penerbangan, petugas imigrasi akan memeriksa paspor beserta voucher, dan selanjutkan menerbitkan visa on arrival. Penumpang juga diberikan kartu pass untuk ditunjukkan pada petugas imigrasi di Indonesia sebagai bukti sudah mendapatkan izin visa.

Langkah Garuda Indonesia ini sebagai upaya mempermudah penumpang saat berada di bandara Indonesia. Mereka tidak perlu menunggu lama di bagian imigrasi untuk pemeriksaan.

Tahun 2011 kemarin ada sekitar 500 ribu wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia. Bali adalah lokasi favorit mereka. Target Pemerintah Indonesia untuk kunjungan warga China tiap tahunnya adalah satu juta orang. Dan, Garuda Indonesia mengakomodasinya dengan rute penerbangan pergi-pulang Jakarta-Beijing lima kali per minggu dan Jakarta-Guangzhou tujuah kali per minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda