Scroll to Top

Susut Perut dengan Minum Teh

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

black-tea

Mungkin ini cara mudah untuk tetap makan enak namun tetap bisa menjaga berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Kobe di Jepang, menemukan, minum teh secara rutin bisa mengurangi timbunan lemak. Selain itu, teh juga diduga mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan darah, seperti diabetes atau jantung.

Studi yang dipublikasikan Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, melibatkan percobaan pada tikus. Sebagian mereka diberikan diet lemak tinggi dan sebagian lagi rendah. Lalu, kedua kelompok dibagi dalam kelompok kecil yang diberikan air, teh hitam, dan teh hijau. Pengamatan dilakukan selama 14 minggu.

Hasilnya, tikus yang diberikan dua jenis teh itu menunjukkan kemajuan yang positif. Kenaikan berat badan mereka dapat ditekan. Lemak di perut pun berkurang. Artinya, lemak yang dikonsumsi oleh tikus bisa dinetralkan dengan teh.

Hanya saja, peneliti menganjurkan untuk lebih memilih teh hitam. Pasalnya, selain mampu mengurangi lemak, teh hitam juga bermanfaat mencegah kemunculan penyakit lain yang berhubungan dengan lemak. Misalnya menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, dan resistensi insulin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda