Scroll to Top

Kartu Grafis Kini Dipakai Untuk Membantu Riset Pengobatan Kanker

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

Nvidia Tesla

Perkembangan komputasi dewasa ini berjalan begitu cepat, kini tak hanya CPU (Central Processing Unit) atau prosesor saja yang digunakan sebagai otak sebuah komputer, namun kini kartu grafis (GPU) dapat difungsikan untuk komputasi paralel.

Kartu grafis atau sering disebut VGA modern telah dilengkapi teknologi komputasi paralel GPGPU (General Purpose Graphic Processing Unit) melalui teknologi Nvidia CUDA atau AMD Stream.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, dengan memanfaatkan teknologi GPGPU maka kartu grafis dapat digunakan untuk membantu riset mengenai penyakit kanker.

Seperti yang kita tahu, kanker adalah penyakit mematikan yang ditakuti. Saat ini pengobatan kanker menggunakan penyinaran dengan sinar radiasi yang sangat kuat untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Dokter dapat menghindari sel-sel sehat dari sinar radiasi dengan menggunakan scan MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang akurat.

Permasalahannya, metode scan MRI dinilai sudah ketinggalan jaman dan hasilnya juga kadang tidak akurat.

Ketida akuratan scan MRI dapat diakali dengan memperbarui scan MRI setiap hari, namun solusi ini terlalu mahal bagi sebagian pasien.

Saat ini semakin banyak perusahaan dan pengembang yang memanfaatkan komputasi paralel dengan memanfaatkan teknologi GPGPU yang mampu menghasilkan tenaga komputasi layaknya super komputer.

Nvidia mengandalkan produk Tesla GPU untuk keperluan komputasi paralal menggunakan teknologi GPGPU miliki Nvidia, CUDA.

Kemampuan komputasi yang dihasilkan sangat kuat dan lebih cerdas. Karena hal ini, muncul inovasi dengan menggunakan tenaga komputasi paralel Nvidia Tesla untuk membantu mendiagnosa dan mengobati kanker.

Nvidia Tesla GPU memiliki kinerja komputasi ekstrim yang dapat dimanfaatkan untuk memprediksikan gerakan dan perubahan tumor atau kanker pasien.

Teknologi ini disebut ART (Adaptive Radiotherapy) yang akan dikembangkan dan digunakan khusus untuk pengobatan kanker dan tumor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda