Scroll to Top

Kiat Agar Terbiasa Makan Buah

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Apr 2012

makan buah

Sebagian orang masih menganggap remeh makan buah. Posisinya belum disamakan seperti makan nasi, yang jika tidak ada akan membuat ketagihan. Padahal, makanan penuh serat ini banyak sekali manfaatnya. Buah banyak berguna sebagai penangkal hadirnya berbagai penyakit dengan menetralisasi pengaruh buruk zat yang masuk lewat makanan.

Misalnya, orang yang doyan makan olahan daging kambing, biasanya akan mendapati tekanan darah dan kolesterol naik. Salah satu buah penetralisasi zat buruk itu adalah mentimun. Buah ini punya nutrisi yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan menyetabilkan tekanan darah.

“Buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, beberapa kanker, dan tekanan darah tinggi,” kata Christine Filardo, MS, RD, juru bicara Produce for Better Health Foundation.

Suka untuk makan buah memang perlu pembiasaan. Dikutip dari She Knows, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk meraih kebiasaan baik ini.

  • Jadikan buah-buahan sebagai camilan. Caranya, ganti kudapan yang selama ini menemati Anda dengan berbagai pilihan buah. Mungkin di pertengahan waktu antara sarapan dan makan siang, Anda makan sebuah apel. Dan, antara waktu makan siang dan makan malam, Anda makan buah anggur atau semangka. Dengan variasi ini membuat Anda tidak bosan makan buah.
  • Tambahkan buah dalam menu sarapan. Ini salah satu jalan membiasakan makan buah, sekaligus memberikan nutrisi penting tubuh dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Anda bisa mengurangi porsi sarapan dan menggantinya dengan buah. Jangan khawatir, kandungan dalam buah juga bisa menyuplai energi buat tubuh.
  • Membuat buah jadi jus. Makan buah dengan menjadikannya jus mungkin cara termudah untuk terbiasa dengan buah. Namun, serat baik dalam buah bisa rusak saat berhadapan dengan pisau blender. Makan buah paling baik adalah secara utuh. Namun, kalau memang ingin lebih praktis, jadikan kebiasaan minum jus sebagai pilihan terakhir saat Anda malas mengunyah buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda