Scroll to Top

Tips Dapatkan Khasiat Teh Secara Optimal

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Apr 2012

teh celup

Teh sudah begitu lekat dalam khidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Bahakan, sebagian orang menganggap teh sebagai bagian dari gaya hidup. Seperti penikmat kopi yang sering menyisihkan waktu khusus hanya untuk menyeruput segelas kecil espresso, penggila teh pun tidak ketinggalan untuk meminumnya tiap hari.

Namun, meracik teh tidak boleh sembarangan. Dalam teh terkandung berbagai manfaat untuk kesehatan, dan kurang optimal didapatkan jika penyajiannya kurang tepat. Ada beberapa saran meracik teh agar manfaatnya bisa sepenuhnya dirasakan.

  • Seduh teh dengan air bersuhu sekitar 65 derajat celcius. Air panas yang baru mendidih hanya akan merusak nutrisi yang ada dalam teh.
  • Batasi menyeduh teh celup hanya 2-3 menit dalam sekali pemakaian. Kandungan klorin pada kantong teh bisa mengontaminasi minuman.
  • Jika Anda ingin mendapatkan kandungan antioksidan tinggi dari teh, pilih jenis teh hijau.
  • Jangan campurkan krim dalam teh karena mengganggu penyerapan antioksidan. Namun untuk susu sapi, susu kedelai, dan susu almond masih aman untuk dicampurkan pada teh.
  • Batasi mengonsumsi teh maksimal satu liter per hari. Itu pun sebaiknya tidak diminum sekaligus. Kebanyakan minum teh akan memperberat kerja ginjal.
  • Sebaiknya tidak minum teh bersamaan dengan waktu makan berat. Teh bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan. Minum teh 1-2 jam sebelum dan sesudah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda