Scroll to Top

Liga Spanyol: Real Zaragoza Siap Lolos dari Degradasi?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 24 Apr 2012

Liga Spanyol menyisakan empat partai lagi. Real Zaragoza saat ini masih membenam di peringkat 19. Mereka terpaut 6 angka dari Villarreal yang ada di posisi 17. Namun, kesempatan bertahan di Primera Division masih terbuka lebar untuk pasukan La Romareda. Dari empat pertandingan terakhir, Zaragoza bermain di kandang tiga kali; sebuah jaminan untuk lolos dari degradasi?

Real Zaragoza

Kini saatnya berterimakasih dengan pemogokan pemain di awal musim. Andai tidak ada kasus yang membuat partai perdana Liga Spanyol ditunda, Real Zaragoza tidak akan menyisakan 3 laga di La Romareda.

Semestinya, empat duel terakhir Zaragoza adalah melawan Real Mallorca(tandang), Athletic Bilbao (kandang), Racing Santander (kandang), dan Getafe (tandang). Namun, diundurnya pekan ke-20 pada awal Mei 2012 membuat ada pertandingan kandang melawan Levante di sela-sela duel menghadapi Bilbao dan Santander. Sebuah kebetulan yang bisa menciptakan keajaiban.

Zaragoza saat ini mengumpulkan 31 poin dari 34 pertandingan. 8 kali menang, 7 hasil seri, dan 19 kekalahan. Sementara Helder Postiga dkk. memasukkan 29 kali, gawang Roberto Jimenez sudah terbobol 60 kali. Bukan hasil yang baik, namun bukan berarti sudah terlambat untuk memperbaiki keadaan.

Bersama pelatih Manolo Jimenez yang datang sejak 31 Desember 2011, Zaragoza memiliki trend yang terus membaik. 6 kemenangan, 3 hasil seri, dan 9 kekalahan didapatkan dari 18 pertarungan terakhir Blanquilos, julukan mereka. Hasil yang jauh lebih baik daripada Javier Aguirre yang menghasilkan 2 kemenangan, 4 seri, dan 10 kekalahan.

Optimisme menatap tiga partai kandang terakhir pun merebak bagi Zaragoza. Mereka belum pernah kalah di La Romareda sejak 21 Februari (melawan Real Betis 0-2). Andai menyikat Bilbao, Levante, dan Racing, Helder Postiga cs. akan mendapatkan 40 poin. Taruhlah di partai terakhir mereka kandas oleh Getafe di Colisseum Alfonso Perez.

Maka, yang dibutuhkan adalah, terpelesetnya Villarreal dalam empat partai sisa. Sebuah kebetulan bahwa Marco Ruben dkk. akan menghadapi dua lawan sulit, Valencia (laga tandang, pekan 37) dan Atletico Madrid (laga kandang, pekan 38). Sementara, dua partai lain adalah menghadapi Osasuna di El Madrigal dan Sporting Gijon di El Molinon (tandang).

Andai Villarreal cuma memetik 2 angka dalam 3 pekan berturut-turut, maka pekan 38 Liga Spanyol musim ini akan menjadi kunci siapa yang akan tergelimpang, Real Zaragoza atau Kapal Selam Kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda