Scroll to Top

Afghanistan Punya Danau Biru Menakjubkan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 24 Apr 2012

band-e-amir

Di tengah gersangnya padang pasir Afghanistan, ada sebuah oase yang begitu sejuk dipandang mata. Namanya Band-e Amir. Di tempat ini terdapat enam danau yang airnya memiliki warna biru yang tegas. Begitu menentramkan kala dilihat berlama-lama.

band-e-amir

Kanan kirinya hanya ada padang pasir tak berujung, semak berduri, dan rumah-rumah yang dibangun dari lumpur. Inilah pemandangan yang menakjubkan,

Band-e Amir berada di kaki bukit Hindu Kush yang terletak di pusat Afghanistan. Hindu Kush merupakan pegunungan tertinggi kedua di dunia yang jaraknya 80 kilometer dari kota kuno Bamiyan.

band-e-amir

Terbentuknya enam danau ini berasal dari air karbondioksida yang meluncur dari mata air di sekitar gunung. Air itu keluar dari lansekap berbatu. Rembesan air kemudian meluruhkan kalsium karbonat yang menjadi komposisi utama minerat padabebatuan di sana. Dalam jangka waktu lama, mineral mengeras dalam bentuk cekungan dan membuat lelehan air terperangkap di dalam. Jadilah sebuah bendungan besar.

band-e-amir

Sementara itu, jernihnya warna biru danau ini disebabkan keurnian air dan bersihnya udara. Kandungan mineral yang tinggi diduga turut memberikan kontribusi pada pembentukan warna biru. Danau yang terbesar adalah Band-e Zulfiqar yang panjangnya 6,5 kilometer. Sedangkan, danau yang terkecil adalah Band-e Panir dengan diameter 100 meter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda