Scroll to Top

Jok Belakang Lebih Aman buat Anak-anak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 25 Apr 2012

duduk di jok belakang

Anak-anak sebaiknya diminta untuk duduk di belakang. Pasalnya, tempat ini kurang aman buat mereka yang berada usianya di bawah 13 tahun. Pada berbagai jenis mobil, seringkali disematkan fitur child-lock pada pintu belakang yang melindungi anak-anak dari kemungkinan membuka pintu tanpa disengaja.

Pintu depan dijadikan sebagai pintu darurat. Pada mobil buatan Eropa, pintu depan bisa dibuka meski masih central lock aktif meski kelistrikan terputus. Tujuannya, agar mudah keluar saat keadaan genting. Kalau anak-anak ditempatkan di depan, maka mereka bisa dengan mudah membuka pintu. Tapi, jika duduk di belakang, mereka tidak bisa membuka pintu dari dalam.

“Pintu depan sebenarnya adalah pintu darurat ketika pintu lainnya dalam keadaan terkunci dan tidak bisa dibuka dari dalam,” kata Derek Kirkby, instruktur Ford South Africa, seperti dikutip Media Indonesia.

Anak-anak yang berada di kursi depan juga rentan mengalami cedera serius. Mereka bisa terpental ke dashboard saat mobil melakukan pengereman mendadak. Tingkah laku anak yang kurang bisa diajak duduk manis menjadi pemicunya. Mereka mungkin sering berdiri di jok mobil atau melakukan tindakan lain yang membahayakan fisiknya. Bayangkan jika kepala anak membentu dashboard, dia bisa mengalami masalah serius di otaknya.

Ukuran sabuk pengaman juga masih kurang pas dengan struktur tubuh mereka. Sensor mobil yang berfitur pre tensioner jika mendapatkan sinyal kemungkinan kecelakaan, seketika membuat sabuk pengaman mengencang dan aman saat airbag mengembang. Ini kurang baik bagi tubuh rentan anak-anak.

Oleh karena itu, tempat anak-anak di jok belakang. Kalau Anda punya bayi, sisihkan sebagian uang untuk membeli tempat duduk bayi untuk pemakaian di mobil. Semua ini demi keselamatan semua penumpang dari hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda