Scroll to Top

Liga Spanyol: Real Madrid Melepaskan 658 Tembakan, Barcelona 566

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 25 Apr 2012

Real Madrid mencetak 109 gol dari 34 pertandingan. Sementara, Barcelona 97. Kedua klub menjadi yang tersubur di Liga Spanyol. Lalu, sebenarnya berapa tembakan yang sudah dilepaskan oleh kedua tim? Klub Liga Spanyol mana pula yang paling buruk mengonversi tembakan menjadi gol? Apakah Barcelona? Ataukah Real Madrid?

Real madrid

Liga Spanyol sudah bergulir selama 34 pekan. Perebutan gelar juara juga hampir berakhir. Real Madrid yang unggul 7 poin dari Barcelona cuma membutuhkan 2 kemenangan lagi untuk merayakan gelar La Liga ke-32 mereka sepanjang sejarah.

Bicara tembakan yang dilepaskan, sepanjang 34 laga, pasukan Jose Mourinho sudah melakukan percobaan sebanyak 658 kali. 276 di antaranya tepat sasaran. Dari jumlah ini, 109 tembakan tepat sasaran berhasil dikonversi menjadi gol. Artinya, persentase gol pasukan Jose Mourinho dibandingkan tembakan ke gawang, mencapai angka 39%.

Namun, jika dihitung dari jumlah total tembakan (658) dikurangi jumlah gol (109), Real Madrid mencatat 549 tembakan yang “tidak berguna”.

Barcelona

Sementara itu, Barcelona, sang rival, sudah melepaskan 566 tembakan. Dari jumlah ini, 259 tembakan berhasil mengancam gawang lawan. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 97 gol yang tercipta. Artinya, efektivitas tembakan tepat sasaran Barcelona masih di bawah Real Madrid. Angka Lionel Messi dkk. hanya mencapai 37%.

Tapi, jika melihat jumlah tembakan “terbuang”, Barcelona yang memiliki hampir 100 tembakan lebih sedikit daripada Real Madrid, menyia-nyiakan 469 tembakan.

Superioritas duo penguasa Liga Spanyol ini kurang diimbangi para peserta Liga Spanyol yang lain. Sebagai contoh, Atletico Madrid, klub yang menduduki peringkat keempat sebagai klub dengan tembakan terbanyak. Pasukan Diego Simeone melepaskan 521 tembakan sepanjang 34 laga. Hanya 208 yang on target; dan hanya 47 gol yang bisa dibuat. Persentase gol dibandingkan tembakan tepat sasaran mencapai 23%.

Salah satu tim yang paling buruk dalam urusan menembak, adalah Sevilla.

Sevilla

Sevilla mencatat 525 tembakan. Hanya 194 di antaranya on target. Dan, hanya 41 gol yang tercipta. Artinya, kalau kita menggunakan perbandingan jumlah gol dari total tembakan, gol Sevilla hanya 0,08% dari seluruh percobaan ke gawang lawan. Jika angka 525 tembakan dikurangi jumlah gol (41), maka kita akan mendapati jumlah 484 tembakan yang terhambur percuma.

Jumlahnya memang lebih sedikit daripada Real Madrid, dan sedikit lebih banyak daripada Barcelona. Namun, jika membandingkan persentase gol berbanding jumlah tembakan, gelar tim paling gagal memanfaatkan tembakan jatuh ke klub Ramon Sanchez-Pijzuan.

(Marca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda