Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Bermain 4725 Menit, Lebih Lama daripada Iker Casillas

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 28 Apr 2012

Cristiano Ronaldo 2

Sedikit mengejutkan memang, menit bermain Cristiano Ronaldo ternyata lebih banyak daripada seorang Iker Casillas. Total, ada empat pemain Los Blancos yang sudah berlaga lebih dari 4000 menit atau setara dengan 47 hingga 51 pertandingan. Siapa saja mereka?

Real Madrid akhirnya hanya bisa mengejar satu trofi lagi musim ini; seperti musim lalu. Pertengahan pekan ini, mereka tersingkir di semifinal Liga Champions lewat drama adu penalti dengan Bayern Muenchen.

Sebuah kompensasi yang terlalu mahal dibandingkan dengan kemenangan mereka di El Clasico. Kelelahan, demikian yang menjadi alasan El Real menunda gelar Liga Champions setidaknya hingga musim depan atau setara dengan 11 tahun tak merengkuh satu pun trofi Eropa.

Sepanjang musim ini, Jose Mourinho sudah mencoba 30 pemain dalam formasinya. Kiper Antonio Adan sempat mendapatkan kesempatan bertanding empat kali di awal musim. Namun, seiring dengan waktu, cuma Iker Casillas yang mendapatkan jatah sebagai penjaga gawang utama klub.

Hingga saat ini, Casillas bermain selama 4718 menit atau 50 pertandingan. Namun, bukan kapten tim yang menjadi pemain terlama berlaga untuk El Real.

Cristiano Ronaldo menjadi orangnya. Pemain bernomor punggung 7 sudah bermain dalam 4725 menit. 50 kali ia tampil sebagai starter, dan sekali datang dari bangku cadangan. Selama jumlah menit tersebut, 56 gol dikoleksi CR7. Hal yang membuat rerata mencetak satu  golnya mencapai angka 84,3 menit.

Jose Mourinho 2

Di bawah Cristiano Ronaldodan Iker Casillas, ada dua orang pasukan putih lagi yang sudah bermain lebih dari 4000 menit. Mereka adalah Sergio Ramos (4394 menit) dan Xabi Alonso (4382 menit). Ramos sang wakil kapten bermain dalam 48 laga Real Madrid; sekali datang dari bangku cadangan. Kasusu yang sama menimpa Xabi.

Salah satu dari keempatnya harus berisitirahat dalam satu atau dua dari empat pertandingan sisa Real Madrid akhir musim ini; jika Jose Mourinho ingin mendapatkan servis yang selalu prima.

Sebagai contoh, Cristiano Ronaldo. Meski mencetak 3 gol dalam 2 laga terakhir, ada saat-saat ketika CR7 tenggelam tak bisa berbuat banyak, seperti saat melawan Muenchen di Allianz Arena.

Namun, dalam satu-dua laga ke depan, apakah hal ini akan terjadi? Los Blancos tengah membutuhkan enam poin krusial untuk merengkuh gelar La Liga pertama dalam empat tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda