Scroll to Top

Labour Day, Hari Buruh Internasional di Logo Google

By Cherlya / Published on Tuesday, 01 May 2012

labour day google

Hari Buruh atau Labour Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei adalah perayaan gerakan buruh internasional atau gerakan sayap kiri. Hal ini biasanya ditandai dengan demonstrasi dan pawai yang diselenggarakan oleh pekerja dan serikat buruh di seluruh dunia.

Hari ini, Selasa, 1 Mei 2012 adalah hari libur nasional di lebih dari 80 negara. Hari ini juga dirayakan secara tidak resmi di banyak negara lain. Google juga memperingati hari buruh dengan memasang logo seorang buruh yang sedang mengangkat logo Google.

Sejarah Hari Buruh berawal dari tragedi pembantaian Haymarket di Chicago pada tahun 1886, setelah seseorang tak dikenal melemparkan bom dinamit ke arah polisi yang menembaki pekerja selama aksi demo menuntut 8 jam kerja sehari, menewaskan beberapa demonstran dan mengakibatkan kematian beberapa petugas polisi. Tragedi ini kemudian dikenal dengan istilah May Day.

Pada tahun 1889, dalam kongres International, sebuah pertemuan di Paris untuk seratus tahun Revolusi Perancis, atas usulan oleh Raymond Lavigne, menyerukan demonstrasi internasional pada ulang tahun 1890 dari protes Chicago. May Day secara resmi diakui sebagai acara tahunan di kongres International kedua pada tahun 1891.

Di banyak negara, kaum pekerja berusaha membuat May Day hari libur resmi, dan upaya mereka sepertinya berhasil. May Day telah lama menjadi titik balik demonstrasi oleh berbagai kelompok sosialis komunis dan anarkis.  May Day telah menjadi hari libur penting bagi negara seperti Republik Rakyat Cina, Kuba dan Uni Soviet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda