Scroll to Top

Saat Athletic Bilbao Menggilas Real Madrid 6-2

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 01 May 2012
Athletic Bilbao vs Real Madrid
Real Madrid vs Athletic Bilbao Putaran Pertama Liga Spanyol 2011/2012

Pertemuan Athletic Bilbao vs Real Madrid Kamis mendatang, akan menjadi penentu nasib Los Blancos. Apakah Real Madrid harus menunda lagi perayaan gelar juara mereka, ataukah rakyat Basque yang harus terluka karena Los Blancos mendapatkan gelar di San Mames, stadion kesayangan mereka. Sedikit menengok ke belakang, ada momen ketika Bilbao mampu melumat Real Madrid 6-2.

Hal ini terjadi pada jornada (pekan) ke-24 musim 19549/1950. Ketika itu, Real Madrid yang ada di peringkat tiga di klasemen sementara, melawat ke kandang Athletic Bilbao sang peringkat enam. Tuan rumah tentu mengincar kemenangan setelah pada putaran pertama sempat menahan Los Blancos 2-2 di Estadio Chamartin, kandang Real Madrid saat itu.

Babak pertama, tidak ada satu gol pun tercipta. Barulah di menit 50 Rafael Iriondo membuka skor ketika mampu mengoyak gawang Juan Alonso. Begitu gol ini lahir, kran pun dibuka. Telmo Zarra, salah satu penyerang terbaik Liga Spanyol sepanjang masa, memperbesar kedudukan empat menit kemudian.

Real Madrid sempat mengira takdir baik menyukai mereka. Luis Molowny memperkecil kekalahan di menit 56,  sebelum Miguel Cabrera membuat skor sama kuat di menit 66.

Athletic Bilbao 2

Namun, keadaan berubah menjadi neraka bagi tim tamu, lebih cepat. Dalam selang waktu dua menit, Iriondo dan Panizo berhasil mencetak gol. Seolah belum cukup, Zarra menambah koleksi golnya di menit 73 sedang Panizo mencetak gol penutup di menit 78.

Kemenangan 6-2 membawa Athletic Bilbao naik satu tingkat menggeser Los Blancos. Sementara, Real Madrid jatuh ke peringkat enam.

Beruntung, pada klasemen akhir, Los Merengues bangkit. Mereka berhasil memarkirkan diri di posisi empat; sementara Bilbao berkutat di peringkat enam. Juara La Liga musim 1949/1950 sendiri adalah Atletico Madrid dengan 33 poin.

Kini, tentu keadaan sudah banyak berubah. Real Madrid datang dengan bekal kemenangan 4-1 di putaran pertama. Satu yang harus diwaspadai mereka, Bilbao akan terus bermain dengan determinasi tinggi. Sebuah lawan sepadan untuk pencarian gelar yang empat tahun menghilang dari bumi Madrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda