Scroll to Top

Saingi Raspberry Pi, Intel Siapkan Komputer Super Mini

By Ditya / Published on Tuesday, 01 May 2012

Intel NUC

Kemunculan komputer mini seperti Raspberry Pi yang cukup laris ternyata membuat Intel tergoda untuk membuat komputer dengan ukuran serupa.

Intel memamerkan sebuah komputer berukuran super mini yang didemonstrasikan di ajang PAX East pada awal April dan Intel Summit Platinum di London pekan lalu.

Prototipe komputer super mini tersebut dinamakan Next Unit of Computing (NUC) yang berukuran 10 x 10 cm. Meski ukurannya super mini, namun NUC memiliki semua fasilitas dan fitur layaknya sebuah komputer desktop.

Seperti yang dikutip dari Extremetech, komputer super mini besutan Intel ini ditenagai oleh prosesor mobile Core i3/Core i5 Sandy Bridge. Pada bagian belakang terdapat port USB 3.0, Thunderbolt dan HDMI.

Menurut Fred Birang, insinyur senior pemasaran produk Intel, NUC ini berbeda dengan Raspberry Pi yang dibuat untuk pendidikan namun NUC ditargetkan untuk HTPC (Home Theatre Personal Computer) atau komputer untuk anak-anak.

Menurut Intel, prototipe NUC saat ini masih menggunakan prosesor Sandy Bridge dengan grafis Intel HD Graphic 3000, namun kedepan Intel akan menggunakan prosesor generasi baru, Ivy Bridge yang menggunakan grafis yang lebih baru, Intel HD Graphic 4000.

Intel NUC dalam

Bagaimana juka NUC dibandingkan dengan Raspberry Pi? Raspberry Pi berukurang lebih kecil, 8,5 x 8,5 cm dengan prosesor ARM kecepatan 700MHz, jelas, Raspberry Pi akan kalah dengan Intel NUC secara performa.

Salah satu kelebihan Intel NUC yang tidak dimiliki Raspberry Pi adalah menggunakan prosesor x86 yang sama dengan laptop, sehingga dapat menggunakan sistem operasi Windows.

Mengenai harga, jelas Raspberry pi dijual dengan harga $25 – $35 atau sekitar 300 ribuan, sangat murah. Intel NUC jelas akan dibandrol jauh lebih mahal dibanding Raspberry Pi dengan berbagai kelebihan yang dibawanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda