Scroll to Top

Pep Guardiola Akan Menjadi Pelatih Brazil?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 01 May 2012

Pep Guardiola

Bermula dari harian olahraga “Lance!” hingga beberapa gerakan facebook, muncul sebuah kampanye baru di kalangan penggemar sepakbola asal Brazil di internet. Mereka ingin Pep Guardiola menjadi pelatih Brazil menggantikan Mano Menezes.

Pep Guardiola tengah kosong. Meski masih berstatus pelatih Barcelona hingga akhir musim nanti, siapa yang bisa meramalkan masa depan legenda hidup El Barca ini? Musim depan ia tak terikat pada klub mana pun, dan berbagai gosip ditebar. Mulai dari klub-klub kaya Inggris hingga Italia, ditengarai mengincar nama pelatih yang memberikan dua gelar Liga Champions untuk Barcelona hanya dalam empat musim.

Media Brazil, “Lance!” tidak mau kalah. Setelah konferensi pers Pep Guardiola tentang perpisahannya dari Barcelona beberapa hari lalu, Lance! langsung membuka hari dengan judul sensasional: “Buka Mata Anda, CBF (Federasi Sepakbola Brazil).”

Lance! memprediksikan Brazil akan kembali ke takdir jogo bonito mereka andai Pep Guardiola menangani timnas. Ya, setelah kegagalan di Piala Dunia 2010 dan Copa America 2011, rakyat Brazil tampaknya cukup gatal dengan permainan tim Samba.

Brazil vs Bosnia 2-1
Brazil vs Bosnia 2-1

Kegatalan ini menjalar ke seluruh tubuh setiap kali mereka menengok Barcelona berlaga dengan penguasaan ball possessions dan umpan dari kaki ke kaki yang menakjubkan. Apalagi, terlepas dari hasil buruk yang didapatkan musim, El Barca memang masih layak menyandang gelar klub dari planet lain; ketika Pep Guardiola mengubah Lionel Messi dkk. menjadi alien penginvasi lawan-lawan Barcelona.

Di sisi lain, Mano Menezes terlalu sering dikritik oleh kebanyakan pers Brazil. Pertandingan terakhir melawan Bosnia 28 Februari 2012 lalu juga bukan sesuatu yang menyenangkan meski tim Samba menang 2-1.

Ketika CBF mungkin masih belum berpikir jauh tentang Pep, gerakan-gerakan facebook muncul demi mendukung harian “Lance!”. Sebutlah halaman Guardiola Selecao yang hingga saat berita ini dimuat disukai 7800-an orang. Sementara, halaman Guardiola na Selecao Brasileira diminati lebih dari 970o orang; jumlah yang semakin bertambah dan bertambah dari hari ke hari.

Keinginan agar Pep menjadi pelatih Brazil, menggila di jejaring sosial. Petinggi CBF yang tidak ingin tim Samba hanya sebagai penonton final Piala Dunia 2014, mungkin bisa mengikuti saran “Lance!” untuk membuka mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda