Scroll to Top

Hasil Liga Spanyol: Athletic Bilbao vs Real Madrid 0-3

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 03 May 2012

Athletic Bilbao vs Real Madrid 0-3

Akhirnya gelar Liga Spanyol yang ditunggu-tunggu, datang juga. Di luar dugaan, skor telak yang terjadi dalam laga Athletic Bilbao menghadapi Real Madrid. Los Blancos menjinakkan San Mames lewat gol-gol Gonzalo Higuain, Mesut Ozil, dan Cristiano Ronaldo.

Seberapa tangguh sebuah klub bisa diukur dari kemampuan mereka mencetak gol di pertandingan paling krusial. Real Madrid melakukannya hanya dalam waktu kurang 20 menit di tanah Basque.

Datang untuk meraup semua angka, Real Madrid menurunkan salah satu kekuatan terbaik. Gonzalo Higuain akhirnya mendapatkan jatah sebagai starter. Sementara, Fabio Coentrao mengisi pos Marcelo dan Jose Maria Callejon menjadi pelengkap trio lini depan selain Higuain dan CR7.

Serbuan Real Madrid menghasilkan penalti di menit 12. Javi Martinez didakwa menyentuh bola dengan tangan. Pemain yang bisa bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan, menerima kartu kuning, dan Cristiano Ronaldo menjadi algojo. Bukan awal yang baik untuk memulai pertandingan yang diprediksikan akan berlangsung ketat.

Namun, Cristiano Ronaldo melakukan tendangan yang sedikit tak dapat dipercaya akal sehat. Ingin menipu Gorka Iraizoz, penjaga gawang Bilbao, CR7 seakan justru hanya mengumpankan bola ke tengah gawang. Iraizoz memang jatuh ke arah yang salah, tapi kakinya masih mampu menggagalkan perayaan gelar juara Real Madrid; setidaknya hingga menit 16.

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain membuktikan kelasnya. Menerima umpan Mesut Ozil, penyerang Argentina mengecoh Jon Aurtenetxe sebelum menembakkan bola ke sudut atas gawang Iraizoz. Kali ini sang kiper gaek tak kuasa lagi menahan tendangan kaki kanan Higuain. 0-1.

Empat menit kemudian, pertandingan berakhir. Cristiano Ronaldo mengirimkan umpan silang datar yang diteruskan  begitu saja oleh Mesut Ozil ke gawang Bilbao. Siapa pun yang berlaga melawan Real Madrid dan tertinggal 0-2 sebelum setengah jam, hanya perlu menyelesaikan laga sambil mengangkat bendera putih.

Tuan rumah bukannya tanpa perlawanan. Babak kedua, Marcelo Bielsa mencoba mencari solusi lini belakang dengan mencopot Mikel San Jose dan memasukkan sang senior Andoni Iraola. Namun, Real Madrid justru yang berhasil menambah gol.

Athletic Bilbao vs Real Madrid 0-3

Menit 50, Cristiano Ronaldo membayar kesalahannya di menit-menit awal. Tandukannya menyelesaikan tendangan sudut Xabi Alonso menjawab alasan mengapa ia datang ke Real Madrid: gelar juara.

Athletic Bilbao yang sebenarnya unggul ball possessions, akhirnya harus bermain dengan 10 orang. Menit 72, Javi Martinez memasuki lorong setelah kartu kuning kedua didapatkannya karena untuk kedua kalinya hand ball. Seiring perginya sang pemain kunci, Bilbao pun harus rela menyerahkan San Mames sebagai stadion kenangan Real Madrid meraup gelar juara musim ini.

Ini adalah gelar juara Liga Spanyol pertama Real Madrid dalam empat tahun terakhir; hal yang membuat mereka menyingkirkan dominasi Barcelona dalam tiga tahun. Plus, membuat asa El Barca yang sempat menipiskan jarak setelah kemenangan 4-1 atas Malaga, pupus sudah.

Bilbao Real Madrid
11(2) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 18(10)
13 Pelanggaran 20
4 Tendangan Sudut 8
3 Offside 4
51% Ball Possession 49%
3 Kartu Kuning 5
1 Kartu Merah 0
7 Penyelamatan 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda