Scroll to Top

Profil Keith Haring

By Cherlya / Published on Friday, 04 May 2012

keithKeith Haring lahir pada tanggal 4 Mei 1958 di Reading, Pennsylvania, dan dibesarkan di kota Kutztown. Ia mulai suka menggambar pada usia yang sangat dini, belajar keterampilan dasar kartun dari ayahnya dan dari budaya populer di sekitarnya, seperti Dr Seuss dan Walt Disney.

Setelah lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1976, Haring terdaftar di Sekolah Ivy Seni Profesional di Pittsburgh, sebuah sekolah seni komersial. Dia segera menyadari bahwa ia memiliki sedikit minat untuk menjadi seorang seniman grafis komersial dan, setelah dua semester, putus. Sementara di Pittsburgh, Haring terus belajar dan bekerja sendiri dan pada tahun 1978 memiliki pameran tunggal karyanya di Seni Pittsburgh dan Pusat Kerajinan.

Kemudian pada tahun yang sama, Keith Haring pindah ke New York City dan terdaftar di Sekolah Seni Visual (SVA). Di New York, Haring menemukan komunitas seni alternatif yang berkembang yang berkembang di luar sistem galeri dan museum, di jalan-jalan pusat kota, kereta bawah tanah dan ruang dalam klub dan tempat dansa mantan. Di sini ia menjadi teman dengan sesama seniman Kenny Scharf dan Jean-Michel Basquiat, serta para musisi, seniman kinerja dan penulis grafiti yang terdiri komunitas seni berkembang. Haring tenggelam dalam energi dan semangat adegan ini dan mulai mengorganisir dan berpartisipasi dalam pameran dan pertunjukan di Club 57 dan tempat-tempat alternatif lainnya.

Selain menjadi terkesan dengan inovasi dan energi sezamannya, Haring juga terinspirasi oleh karya Jean Dubuffet, Pierre Alechinsky, William Burroughs, Brion Gysin dan manifesto Robert Henri yang Roh Art, yang menegaskan kemerdekaan fundamental dari artis. Dengan pengaruh Haring mampu mendorong impuls sendiri muda terhadap jenis tunggal ekspresi grafis berdasarkan keunggulan baris. Juga tertarik pada sifat publik dan partisipatif kerja Christo, di Pagar Menjalankan tertentu, dan oleh fusi unik Andy Warhol seni dan kehidupan, Haring bertekad untuk mengabdikan karirnya untuk menciptakan sebuah seni yang benar-benar publik.

Sebagai mahasiswa SVA, Haring bereksperimen dengan kinerja, instalasi video, dan kolase, sementara selalu menjaga komitmen yang kuat untuk menggambar. Pada tahun 1980, Haring menemukan media yang sangat efektif yang memungkinkan dia untuk berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas yang ia inginkan, ketika ia melihat panel iklan yang tidak digunakan ditutupi dengan kertas hitam matte di stasiun kereta bawah tanah. Dia mulai membuat gambar dengan kapur putih pada panel ini kertas kosong di seluruh sistem kereta bawah tanah. Antara tahun 1980 dan 1985, Haring ratusan dihasilkan dari gambar-gambar publik di garis berirama cepat, kadang-kadang menciptakan sebanyak empat puluh “gambar kereta bawah tanah” dalam satu hari. Ini aliran mulus gambar menjadi akrab bagi komuter New York, yang sering berhenti untuk melibatkan seniman ketika mereka menemukan Dia di tempat kerja. Kereta bawah tanah menjadi, sebagai Haring mengatakan, sebuah “laboratorium” untuk mengerjakan ide-idenya dan bereksperimen dengan garis-garis sederhana.

Antara tahun 1980 dan 1989, Haring mendapat pengakuan internasional dan berpartisipasi dalam kelompok banyak dan pameran tunggal. Solo pertama pameran di York.was Baru yang diadakan di Ruang Pelukis Westbeth pada tahun 1981. Pada tahun 1982, ia membuat debut galeri Soho dengan pameran satu orang sangat populer dan sangat diakui di Tony Shafrazi Galeri. Selama periode ini, ia juga berpartisipasi dalam pameran terkenal survei internasional seperti Documenta di Kassel 7, yang São Paulo Biennale, dan Whitney Biennial. Haring menyelesaikan proyek-proyek publik banyak di paruh pertama tahun 80 itu juga, mulai dari animasi untuk billboard Spectacolor di Times Square, merancang set dan latar belakang untuk teater dan klub, mengembangkan desain jam tangan untuk Swatch dan kampanye iklan untuk vodka Absolut, dan membuat mural di seluruh dunia.

Pada bulan April 1986, Haring membuka Toko Pop, sebuah toko ritel di Soho menjual T-shirt, mainan, poster, tombol dan bantalan magnet gambar nya. Haring dianggap toko untuk menjadi perpanjangan dari karyanya dan dicat seluruh interior toko dalam hitam putih abstrak pada lukisan dinding, menciptakan lingkungan ritel mencolok dan unik. Toko itu dimaksudkan untuk memungkinkan orang akses yang lebih besar untuk karyanya, yang sekarang tersedia pada produk dengan biaya rendah. Toko ini menerima kritik dari banyak di dunia seni, namun Haring tetap berkomitmen untuk keinginannya untuk membuat karya seninya tersedia untuk selebar penonton mungkin, dan menerima dukungan yang kuat untuk proyeknya dari teman, penggemar dan mentor termasuk Andy Warhol.

Sepanjang karirnya, Haring mengabdikan sebagian besar waktunya untuk pekerjaan umum, yang sering membawa pesan sosial. Dia memproduksi lebih dari 50 karya seni publik antara 1982 dan 1989, di puluhan kota di seluruh dunia, banyak yang diciptakan untuk amal, rumah sakit, anak-anak hari pusat perawatan dan panti asuhan. Crack sekarang terkenal adalah mural Wack tahun 1986 telah menjadi tengara di sepanjang FDR Drive New York. Proyek lainnya meliputi; mural dibuat untuk ulang tahun ke-100 Patung Liberty pada tahun 1986, yang Haring bekerja dengan 900 anak-anak, sebuah lukisan dinding pada bagian luar Rumah Sakit Necker Anak di Paris, Prancis pada tahun 1987, dan mural dilukis di barat sisi Tembok Berlin tiga tahun sebelum kejatuhannya. Haring juga diadakan lokakarya menggambar untuk anak-anak di sekolah dan museum di New York, Amsterdam, London, Tokyo dan Bordeaux, dan citra diproduksi untuk program keaksaraan banyak dan kampanye pelayanan publik.

Haring didiagnosa dengan AIDS pada tahun 1988. Pada tahun 1989, ia mendirikan Keith Haring Foundation, mandatnya adalah untuk menyediakan dana dan citra untuk organisasi AIDS dan program anak-anak, dan untuk memperluas penonton untuk pekerjaan Haring melalui pameran, publikasi dan lisensi gambar nya. Haring terdaftar citra nya selama tahun-tahun terakhir hidupnya untuk berbicara tentang penyakit sendiri dan menghasilkan aktivisme dan kesadaran tentang AIDS.

Selama karir singkat namun intens yang membentang 1980-an, karya Haring ini adalah fitur di lebih dari 100 pameran tunggal dan kelompok. Pada tahun 1986 saja, ia adalah subyek lebih dari 40 surat kabar dan artikel majalah. Dia sangat dicari untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek kolaboratif, dan bekerja dengan artis dan penyanyi beragam seperti Madonna, Grace Jones, Bill T. Jones, William Burroughs, Timothy Leary, Jenny Holzer, Yoko Ono dan Andy Warhol. Dengan mengekspresikan konsep universal kelahiran, kematian, seks cinta, dan perang, menggunakan keunggulan line dan keterusterangan dari pesan, Haring mampu menarik khalayak luas dan menjamin aksesibilitas dan daya tahan citra, yang telah menjadi diakui secara universal visual yang bahasa abad ke-20.

Keith Haring meninggal karena komplikasi terkait AIDS pada usia 31 pada tanggal 16 Februari 1990. Sebuah layanan peringatan diadakan pada tanggal 4 Mei 1990 di Katedral St John the Divine di New York City, dengan lebih dari 1.000 orang yang hadir.

Sejak kematiannya, Haring telah menjadi subyek dari beberapa Retrospektif internasional. Karya Keith Haring dapat dilihat hari ini di pameran dan koleksi museum utama di seluruh dunia.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda