Scroll to Top

Menangis Itu Menyehatkan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 07 May 2012

menangis

Meskipun menangis bagi sebagian orang dianggap tabu, sebenarnya di balik tangisan ada berbagai manfaat yang mungkin tidak Anda duga. Menangis juga menjadi aktivitas yang berfungsi sebagai obat hati. Walaupun menangis tidak akan langsung menyelesaikan masalah, namun bisa menghilangkan kegundahan yang berefek pada kemudahan mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

Kalau sering menangis juga tidak baik. Itu menunjukkan kerapuhan jiwa Anda. Kecuali, Anda kerap menangis karena mengakui dan meminta maaf atas semua kesalahan kepada Sang Pencipta, itu justru akan menguatkan hati Anda.

Berikut ini beberapa hal tentang kegunaan menangis bagi pelakunya:

  • Menangis bisa membersihkan mata. Air mata akan melumasi bola dan kelopak mata. Sehingga, mata Anda menjadi sehat. Selain itu, air mata saat menangis membuat membran mukosa tidak mengalami dehidrasi.
  • Air mata dapat membunuh bakteri. Berbagai macam kuman yang menempel di mata, bisa diatasi dengan air mata. Air mata mengandung lisozim yang menjadi agen antibakteri dan antivirus. Keefektivannya membunuh bakteri hingga 95 persen hanya dalam waktu 5-10 menit.
  • Menangis memperbaiki suasana hati. Saat mood sedang buruk, menangis dapat menurunkan rasa tidak nyaman yang ada di hati. Berbagai kegalauan bisa disingkirkan dari hati dengan cepat.
  • Menangis membuat kadar stres menjadi rendah.  Menangis dapat menekan zat kimia tubuh yang membuat stres. Leusin dan prolaktin, contoh kimia pembuat stres, dapat dicegah dengan air mata sebelum sempat membuat stres lebih kuat menyengkram pikiran.
  • Menangis bisa dijadikan terapi. Berbagai bentuk penyakit hati – seperti stres, frustrasi, marah, kecewa, benci dan sebagainya – menjadi jalan untuk munculnya penyakit kardiovaskular. Hati yang tidak bebas dan penuh beban dapat meningkatkan tekanan darah. Stres dan depresi juga bisa memengaruhi sistem syaraf. Dan, menangis bisa menjadi pencegah berbagai risiko kesehatan itu dengan membebaskan hati dari berbagai kepenatan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda