Scroll to Top

Kurang Laris, iPhone Hanya Terjual 8 Juta Unit Di China

By Ditya / Published on Tuesday, 08 May 2012

harga iphone 4s telkomsel

Smartphone buatan Apple, iPhone, terjual sebanyak 8 juta unit di China, angka ini termasuk sedikit jika dibandingkan dengan pasar ponsel China yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia.

Meski demikian, angka 8 juta tersebut mengindikasikan peningkatan penjualan iPhone di China, analis dan investor berharap agar penjualan iPhone terus tumbuh.

Di negara lain seperti Amerika, Singapura atau Eropa, penjualan iPhone meroket, bahkan membuat pembeli harus mengantri untuk mendapatkan iPhone 4S. Lalu apa yang membuat penjualan iPhone kurang greget di China?

Menurut analisa Nathan T Washburn, iPhone memang memiliki ekosistem yang baik di pasaran asalnya, Amerika, namun ketika dipasarkan di China, iPhone tidak optimal.

Di China, iPhone hanya dapat menggunakan jaringan China Mobile dan terbatas pada koneksi 2G saja, tentu saja pengguna tidak dapat mengakses layanan streaming video dengan koneksi seperti itu.

Selain masalah koneksi, iPhone juga bermasalah dengan masalah input dan dianggap tidak China-friendly. Tim R & D Apple telah berusaha keras untuk memecahkan masalah ini, namun gagal.

Masalah input ini menjadi masalah serius, karena di China, SMS sudah menjadi nagian dari kehidupan mereka dan ini akan sangat mengganggu jika ada masalah dengan input seperti mengetik.

Seperti yang dikutip dari Wired, fitur terbaru di iPhone 4S, Siri, yang bekerja dengan bahasa inggris ini juga bermasalah di China.

Jika pengguna memiliki aksen China yang kuat, maka Siri tidak akan bekerja, pengguna di China harus berjuang untuk belajar bahasa Inggris agar fitur Siri dapat dimanfaatkan.

Kesulitan lain iPhone di China adalah mengenai aplikasi, di Apple App Store, sangat sedikit aplikasi yang sangat sedikit aplikasi yang dirancang khusus untuk China, sehingga solusi Jailbreaking sangat populer disana.

Menurut Nathan T Washburn, iPhone mungkin smartphone terbaik yang pernah ada jika didukung dengan ekosistem konten yang baik, namun di China, iPhone tidak didukung dengan ekosistem konten yang mencukupi.

Semua kekurangan iPhone di pasar smartphone China ini adalah berita gembira bagi para pesaing seperti Samsung, HTC dan Nokia untuk melakukan ekspansi pasar. Produsen lokal seperti ZTE dan Huawei pun juga merupakan pesaing serius di China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda