Scroll to Top

Waspada Penipuan (Scam) Undangan Google+ di Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Thursday, 14 Jul 2011

plus-google-scamUndangan (invitation) untuk bergabung dengan Google+ mulai menjadi topik yang hangat dibicarakan di kalangan pengguna media sosial. Berita yang menghebohkan seputar Google+, baik itu fitur-fitur yang dianggap sebagian penggunanya lebih baik dari Facebook maupun Twitter, atau bahkan jumlah penggunanya yang diperkirakan mencapai 20 juta orang hingga akhir pekan ini, membuat banyak orang mulai tertarik dan ingin segera ikut bergabung. Walaupun mungkin sebenarnya mereka hanya merasa mulai bosan dengan Facebook dan ingin mencoba suasana baru di Google+.

Setelah beberapa waktu yang lalu Google+ sempat menghentikan sementara fungsi invite pada platformnya karena permintaan yang luar biasa banyaknya, beberapa waktu kemudian pun pihaknya membuka kembali kesempatan tersebut. Ada yang menganggap hal itu hanya strategi marketing saja, sehingga membuat orang semakin penasaran dengan produk media sosial Google ini. Akan tetapi, banyak laporan yang menyebutkan bahwa memang mereka puas dengan layanan Google+.

Banyaknya permohonan invitation dari masyarakat, membuat beberapa pengguna Google+ berbaik hati untuk berbagi dengan yang lain. Hal ini bisa dilihat dari maraknya tawaran invitation yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Coba saja Anda melakukan pencarian di google.com tentang permohonan invitation Google+, Anda akan menemukan beberapa website/blog yang menawarkan hal tersebut dengan cuma-cuma .

Akan tetapi, seperti kata pepatah, dimana ada kebaikan, disitu juga ada kejahatan. Salah satunya yang berhubungan dengan invitation ini adalah informasi yang kami peroleh dari zdnet.com seperti yang dikutip dari sophos.com, dimana telah dan sedang terjadi penipuan (scam) invitation Google+ melalui Facebook. Pengguna akun Facebook ini diakui merupakan sasaran empuk bagi penipuan seperti ini. Dengan menggunakan momen tersebut, para pencari invitation yang kebanyakan pasti memiliki akun Facebook, akan lebih mudah terperdaya dengan tawaran invitation gratis yang ditawarkan oleh link tersebut.

facebook scam googlePada versi diatas tertera kata-kata “Google+ – Get Invite” dan kemudian diikuti dengan link yang tertulis “Unofficial Fan Page”. Bahkan ditambah juga dengan kata-kata “Page: 80,037 people like this” yang jumlahnya juga akan terus berubah seiring bertambahnya pengguna yang telah membukanya. Menurut Sophos, jika Anda membuka link website ini, Anda diharuskan untuk mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses akun Facebook Anda. Lalu kemudian, Anda dianjurkan untuk membaginya dengan keluarga dan teman agar mereka juga memberikan “like” link ke halaman web tersebut dan bahkan mengajak mereka untuk juga bergabung dengan cara menggunakan link yang sama.

Masih menurut Sophos, hal ini murni merupakan penipuan. Karena hingga kapanpun, dengan link ini Anda tidak juga akan mendapat invitation dari Google+. Dan Anda tetap telah memberikan persetujuan untuk memperbolehkan pihak ketiga mengakses akun Anda. Saran saya, jika Anda mendapatkan link seperti gambar diatas pada wall Anda, acuhkan, atau bahkan lebih baik laporkan pada keamanan Facebook. Karena dengan begitu Anda menghindarkan diri dari penyalahgunaan data akun Anda di Facebook dengan cara mengirimkan pesan-pesan yang tidak benar, mempostingnya dengan nama Anda, bahkan mencuri informasi pribadi Anda dari akun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda