Scroll to Top

Punya Gen Gemuk Sebaiknya Selalu Cukup Tidur

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 09 May 2012

pria gemuk

Sebagian orang seperti “ditakdirkan” untuk memiliki badan gemuk. Biasanya hal ini disebabkan oleh faktor genetik. Apapun bentuk diet yang dilakukan, tidak juga membuat badan menjadi langsing. Minimal, badan akan terlihat besar walaupun tidak terlalu gemuk. Dan, menjaga berat badan menjadi pilihan agar badan tidak semakin melar.

Sebuah studi dari University of Washington Medicine Sleep Center di Seattle, salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga berat badan adalah cukup tidur. Cara ini efektif buat orang yang punya kecenderungan gemuk. Dengan tidur malam 9 jam per hari, akan mengontrol berat badan.

Pada pengamatan terhadap 1.088 orang yang kembar, saat kurang tidur, faktor gen membuat perbedaan indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi hingga 70 persen. Ini terjadi secara alamiah di tubuh. Sementara itu, untuk faktor lingkungan hanya menyumbang empat persen.

Sementara itu, saat relawan cukup tidur, faktor gen hanya menyumbang 32 persen penyebab kegemukan. Sehingga, ketika pengaruh gen terhadap kegemukan rendah, seseorang tinggal mengatur gaya hidup mereka agar tidak gemuk. Faktor lingkungan ini menyumbang risiko kegemukan sebesar 51 persen.

“Semakin sedikit Anda tidur, faktor-faktor genetik yang lebih berperan (dalam memengaruhi) seberapa banyak berat badan Anda,” kata Nathaniel F. Watson, MD, penulis penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda