Scroll to Top

Diego Simeone Juara Europa League Sebagai Pemain dan Pelatih

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 10 May 2012

Diego Simeone

Keberhasilan Atletico Madrid memenangi Liga Europa musim ini membawa cerita tersendiri bagi sosok Diego Simeone. Mantan pemain timnas Argentina tersebut menjadi pelatih Tango keempat yang berhasil memboyong trofi kompetisi Eropa sepanjang sejarah. Ia juga mencatatkan diri sebagai juara Europa League (dahulu Piala UEFA) sebagai pemain sekaligus pelatih.

Kita sudah tak bisa menghitung lagi berapa pemain sepakbola yang bermigrasi dari luar Eropa untuk menaklukkan benua biru. Sekian di antaranya, menaklukkan kompetisi antar klub Eropa, mulai dari Liga Champions hingga Europa League.

Sebutkanlah dua nama yang paling mutakhir. Lionel Messi yang tiga kali menjadi top skorer Liga Champions berturut-turut (dan kemungkinan akan meraih yang keempat musim ini), adalah seorang Argentina. Radamel Falcao yang dalam dua tahun terakhir menguasai Europa League juga berasal dari Kolombia.

Diego Simeone Marcelo Bielsa 2

Namun, urusan pelatih, lain lagi ceritanya. Berkebalikan dengan para pemain, pelatih non-Eropa sangat sulit menaklukkan benua biru. Hanya tiga pelatih dari benua lain yang bisa merengkuh trofi kompetisi antar klub Eropa sebelum Diego Simeone. Uniknya, ketiganya berasal dari Argentina.

Yang pertama adalah Luis Carniglia. Ia membawa Real Madrid yang berada dalam masa keemasan, meneruskan tradisi menjuarai Liga Champions (saat itu bernama European Cup) musim 1958 dan 1959.

Helenio Herrera mengikuti jejak Carniglia ketika membawa Internazionale menguasai European Cup pada musim 1964 dan 1965.

Satu yang tak boleh dilupakan, adalah peran Alfredo Di Stefano yang mempersembahkan gelar Piala Winners untuk Valencia musim 1980.

Kini, Diego Simeone menjadi pelatih non-Eropa keempat, sekaligus pelatih asal Argentina keempat pula yang mampu memenangi kompetisi Eropa.

Selain catatan apik ini, Simeone juga masuk dalam deretan orang yang sukses meraih gelar Europa League (dahulu Piala UEFA) sebagai pemain dan pelatih.

Simeone Piala UEFA
Diego Simeone Saat Bermain untuk Inter Milan

Sebelumnya, ada Dino Zoff, kiper sekaligus pelatih legendaris Italia. Zoff meraih gelar Piala UEFA sebagai pemain bersama Juventus pada musim 1976/1977. Selang 13 tahun, dibawanya Bianconeri sebagai juara piala yang sama ketika sudah menjadi pelatih. Kala itu, dalam final sesama tim Italia, Juventus menghajar Fiorentina dengan agregat 3-1.

Demikian pula Huub Stevens. Ia menjadi bek PSV Eindhoven ketika klub Belanda menaklukkan Piala UEFA pada musim 1978. Ketika itu, PSV menghantam Bastia klub Perancis dengan skor agregat 3-0.

Musim 1996/1997, Stevens sukses membawa Schalke 04 yang dilatihnya, menaklukkan Internazionale dalam drama adu penalti setelah agregat imbang 1-1.

Simeone sendiri pernah merengkuh Piala UEFA bersama Internazionale pada musim 1997/1998 kala menghajar Lazio 3-0 di final.

Yang unik, dalam laga final Europa League kali ini, Diego Simeone mampu menaklukkan Marcelo Bielsa. Padahal, dari segi pengalaman, Bielsa jauh lebih unggul dari eks pemain eksentrik ini. Bahkan, Simeone pernah menjadi awak Argentina ketika tim tango diasuh oleh pelatih Athletic Bilbao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda