Share

Bekas jerawat

Jerawat memang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Terutama bila bekas luka jerawat tersebut menimbulkan lubang di pipi alias berbekas.

Tidak mudah memang menghilangkan bekas jerawat yang membuat wajah menjadi tidak lagi rata dan mulus. Namun jangan khawatir, masih ada harapan untuk mengembalikan kemulusan wajah dengan menghilangkan lubang bekas jerawat tersebut.

Dikutip dari Wolipop, dr Gloria Novelita, SpKK, mengungkap berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Diantaranya adalah;

  • Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi memiliki cara kerja yang menyerupai sistem abrasi, atau pengikisan. Jadi kulit wajah yang berlubang akan dikikis bagian tepinya menggunakan media atau aplikator yang berlapis butiran berlian. Kemudian pertumbuhan kulit yang baru diharapkan akan lebih rata.

  • Peeling

Peeling atau pengelupasan ini pun hampir mirip dengan teknik mikrodermabrasi. Kulit yang berlubang atau tak rata akan dikelupas dengan menggunakan bahan kimia. Ini akan merangsang jaringan kulit baru tumbuh dengan lebih baik.

  • Dermaroller

Alat yang digunakan berupa roller yang permukaannya terdiri atas jarum-jarum kecil yang akan diroller ke kulit wajah. Intinya adalah melukai kulit wajah agar serum yang dioleskan sebelumnya dapat terserap oleh kulit. Dengan demikian, diharapkan kulit baru akan tumbuh lebih baik dan menghilangkan bekas lubang jerawat di wajah.

Penanganan yang disebut di atas digunakan untuk bekas jerawat yang tidak terlalu parah, atau hanya berlubang sedikit. Jika lebih parah lagi hingga ke tingkat bopeng, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli kulit, sebab akan ada pengobatan lebih lanjut.