Scroll to Top

Barcelona Lima Kartu Merah di Liga Spanyol Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 13 May 2012

Dani Alves 2

Kartu merah yang diterima Dani Alves dalam laga Real Betis vs Barcelona membuat ‘noda’ lain bagi pasukan Pep Guardiola. Total, dalam 38 pekan, ada lima pemain El Barca yang diusir wasit.

Tingkat kedisiplinan awak Camp Nou musim 11-12 bagai ayunan. Mereka begitu murni di putaran pertama Liga Spanyol. Tak ada satu pun kartu merah. Bahkan, hingga kekalahan oleh Osasuna 3-2 di Pamplona, barulah ada awak Barcelona yang diganjar kartu merah.

Javier Mascherano orangnya. Yang unik, mantan gelandang Liverpool tidak menerima hukuman tersebut di lapangan. Pemain Argentina diberi kartu merah oleh wasit Paradas Romero ketika pertandingan sudah berakhir karena terlalu berlebihan dalam memprotes sang pengadil lapangan.

Kurang dari sebulan, barulah ada srorang pemain Barcelona yang benar-benar diusir wasit di lapangan. Kali ini dengan cara misterius. Wasit Velasco Carballo memberi kartu merah kepada Gerard Pique yang didakwa menghentikan laju Miguel De Las Cuevas (Sporting Gijon) yang tinggal berhadapan dengan kiper. Dalam laga tersebut Barcelona menang 3-1.

Gerard Pique

Selang belasan hari, lagi-lagi ada pemain yang harus mandi lebih dulu. Dialah Dani Alves. Bek Brazil mendapakan kartu merah (kartu kuning kedua) lewat hand ball di kotak terlarang; ketika Barcelona mendepak Granada 5-3. Penalti akibat kelalaian Alves, dieksekusi dengan baik oleh Guilherme Siqueira.

Kartu merah berikutnya, terjadi di laga selanjutnya kala Barcelona melawat ke kandang Real Mallorca. Thiago Alcantara menerima kartu kuning kedua di lapangan pada menit 56. El Barca menang 0-2 dalam laga tersebut.

Thiago Alcantara

Belakangan, Komite Kompetisi mencabut kartu kuning kedua Thiago. Artinya, di lapangan pemain tengah masa depan menerima kartu merah, namun hukuman larangan bermain dihapuskan karena pencabutan kartu kuning tersebut. Hal ini juga pernah dilakukan pada Sergio Ramos (Real Madrid).

Kini, kartu merah kelima di lapangan, dan kartu merah keempat secara resmi, diterima oleh Dani Alves lagi. Hal ini membuat Barcelona musim 2011/2012 gagal menyamai prestasi musim lalu..

Sebelumnya, pada musim 08-09, awak Camp Nou menerima 6 kartu merah. Musim berikutnya, hanya ada lima pengusiran wasit. Musim lalu, 10-11, adalah yang terbaik dengan catatan 2 kartu merah dalam 38 laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda