Scroll to Top

Hidup Sehat Tanpa Ancaman Sakit Jantung, Hindari Merokok

By C Novita / Published on Sunday, 13 May 2012

Hidup Sehat

Jika ingin hidup sehat, berhenti merokok. Himbauan ini mungkin sudah terlalu sering Anda dengar, namun memang benar adanya. Merokok telah terbukti meningkatkan resiko seseorang menderita penyakit jantung. Tidak hanya jantung, rokok bahkan juga mempengaruhi hampir semua organ vital dalam tubuh manusia lainnya misalnya paru-paru, hati, juga organ reproduksi.

Yang lebih menyakitkan lagi, merokok tidak hanya merusak kesehatan si perokok saja, namun juga mempengaruhi kesehatan orang lain di sekitar si perokok, termasuk keluarga dan sahabat.

Seperti dikutip dari Healthmeup, hubungan antara merokok dan sakit jantung adalah, kandungan zat berbahaya dalam rokok bisa menyebabkan lapisan dalam pembuluh arteri atau endotelium menjadi rusak.

Selain itu, zat karsinogen dan karbon monoksida yang dihasilkan oleh asap rokok dapat menyebabkan pembuluh darah arteri menjadi rentan kejang.

Asap rokok juga menyebabkan timbulnya penumpukan plak di pembuluh darah dan membuat endothelium tak dapat bereaksi melebarkan dan menyempitkan pembuluh darah secara alami.

Sirkulasi darah yang berkurang akibat menyempitnya pembuluh darah itu ternyata jadi konsekwensi utama dari kegiatan merokok.

Selain itu rokok juga menurunkan kadar lipoprotein kolesterol atau kolesterol baik (HDL), dan mampu meningkatkan kadar LDL alias kolesterol jahat yang makin meninggikan resiko seseorang menderita penyakit jantung.

Pada saat yang sama seorang perokok dapat juga mengalami palpitasi jantung, yang berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Jadi tunggu apa lagi, segera berhenti merokok jika Anda sayang pada diri Anda dan juga keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda