Scroll to Top

Malware Flash Player Palsu Ancam Android

By Ditya / Published on Sunday, 13 May 2012

Fake Flash Android

Badai malware di sistem operasi besutan Google ini belum berakhir, setelah kemarin sempat diserang malware melalui website yang telah di retas, kini muncul malware yang menyamar sebagai Flash Player palsu.

Malware sendiri adalah perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk merusak, mengganggu atau bahkan mencuri data-data pengguna dan juga merusak sistem.

Baru-baru ini, perusahaan keamanan Trend Micro, telah memperingatkan pengguna Android untuk berhati-hati karena telah muncul malware yang menyamar sebagai flash player palsu.

Kadang, saat pengguna sedang berselancar ke situs tertentu yang membutuhkan flash player, akan muncul kotak dialog pertanyaan pengguna untuk menginstall plug in flash player agar website tersebut tampil sempurna.

Namun pembuat malware memanfaatkan cara diatas untuk menyebarkan malware. Pada situs web yang telah terinfeksi, pengguna akan diminta untuk menginstal plug in flash player palsu yang sebenarnya adalah malware itu sendiri.

Setelah pengguna menginstall plug in flash player palsu, maka malware jahat telah terinstall di perangkat pengguna.

Trend Micro telah menemukan beberapa situs web pada domain Rusia yang telah terinfeksi dan menawarkan kepada pengguna untuk menginstall plug in flash player palsu dan mengklaim flash player palsu tersebut kompatibel dengan semua versi Android.

Pengguna akan diarahkan pada alamat download berisi file APK yang merupakan malware berbahaya.

Malware yang telah terinstall tersebut akan mengirimkan SMS ke nomor premium, sehingga pulsa korban berkurang.

Seperti yang dikutip dari LegitReview, Trend Micro mengidentifikasi malware yang menyamar sebagai flash player palsu ini dengan nama ANDROIDOS_BOXER.A.

Sebelumnya, malware berkedok plug in flash player palsu ini juga pernah merajalela di sistem operasi Apple Mac OS X.

Trend Micro juga menghimbau agar pengguna menghindari situs-situs yang tidak dikenal dan mendownload plug in flash player di situs resmi pembuatnya, Adobe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda