Scroll to Top

5 Alasan Mengapa Blog Anda Sepi Pengunjung

By Melissa / Published on Tuesday, 15 May 2012

Apakah Anda memiliki blog? Jika ya, pasti Anda akan senang apabila banyak orang datang berkunjung dan menulis komentar pada tulisan Anda.

Lalu apa yang salah jika blog Anda ternyata sepi pengunjung dan hampir semua post Anda nyaris tidak pernah dikomentari orang lain?

Simak kiat-kiat berikut agar blog Anda tidak kalah bersaing dengan ribuan blog lainnya:

1. Konten blog Anda terlalu standar

Apabila blog Anda hanya berisi teks tanpa disertai gambar relevan, post umum seperti tentang menu makan siang Anda yang biasa-biasa saja, atau pengetahuan ilmiah yang tidak dikemas dengan gaya bahasa yang menarik, pengunjung yang paling setia pun lama-lama akan bosan.

Akan lebih baik jika Anda menulis tentang sesuatu yang berguna, misalnya teknologi terbaru atau gosip selebritas teranyar. Sesuaikan dengan fokus blog Anda, karena pembahasan detil terhadap suatu topik akan lebih baik ketimbang Anda mengulas beberapa topik yang tidak ada kaitannya.

Anggaplah Anda sedang mengobrol dengan pembaca saat Anda menulis. Tanyakan berbagai pertanyaan, minta pendapat dan tanggapi komentar yang masuk.

2. Jarang dan tidak konsisten nge-blog

Seberapa sering Anda nge-blog? Setiap hari, sebulan sekali, atau tidak ada waktu spesifik? Jika Anda jarang nge-blog, pengunjung Anda akan lupa mengenai eksistensi blog Anda.

Jika Anda nge-blog secara konsisten walaupun hanya sebulan sekali, pembaca akan merasa senang karena di blog Anda tetap ada sesuatu yang baru.

3. Terlalu banyak iklan

Blog yang hampir semuanya berisi iklan sehingga sulit menemukan konten aslinya tentunya akan membuat pengunjung kabur. Jumlah iklan yang banyak pun akan memperlambat loading blog Anda.

Jika Anda memang ingin memasang iklan di blog Anda, pilihlah iklan yang relevan dengan fokus blog Anda. Apabila Anda sering menulis tulisan sponsor, akan lebih baik jika Anda memberikan info berharga lainnya yang masih berkaitan dengan produk sponsor tersebut.

4. Disain blog Anda tidak enak dilihat

Meski konten selalu dianggap penentu nomor satu dalam popularitas sebuah blog, tak dapat dipungkiri bahwa disain yang bagus akan membuat pengunjung makin betah berlama-lama di blog Anda.

Salah satu langkah aman untuk menentukan disain yang bagus untuk blog Anda adalah ambil disain yang sesuai dengan fokus blog Anda. Apabila Anda hobi nge-blog tentang makanan, pilihlah disain yang mengandung unsur tersebut.

Hindari paduan warna yang terlalu kontras atau bentuk dan ukuran huruf yang sulit dibaca.

5. Kurang promosi

Anda sudah menulis konten yang berguna dan disain blog Anda sangat menarik, namun tetap sepi pengunjung? Kemungkinan besar blog Anda kurang promosi. Anda harus membuat orang-orang tahu mengenai keberadaan blog Anda.

Sering-seringlah berkomentar di blog lain dan cantumkan alamat blog Anda, namun jangan promosikan blog Anda begitu saja tanpa benar-benar memberikan komentar yang sesuai post di blog tersebut.

Minimnya interaksi pengunjung dalam blog pasti akan menyurutkan antusiasme Anda dalam nge-blog. Temukan di mana letak kesalahan Anda dalam nge-blog dan segera perbaiki agar blog Anda makin banyak dikunjungi orang lain.

Bagaimana dengan Anda? Strategi apa saja yang berhasil Anda lakukan dalam meningkatkan pengunjung dalam blog Anda?

(via Social Media Today)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda