Scroll to Top

Robot Imut Ini Bantu Anak Autis Bersosialisasi

By Ditya / Published on Tuesday, 15 May 2012

KeeponSebuah laboratorium di Jepang telah mengembangkan robot imut bernama Keepon yang digunakan untuk membantu anak autis berkomunikasi.

Keepon atau MyKeepon (versi konsumen) adalah robot berdesain sederhana dan menjadi alat komunikasi yang tidak mengintimidasi anak autis berkat desain nya yang lucu dan imut.

Desainnya yang imut dan lucu ini menjadi magnet agar disukai anak-anak dan berinteraksi dengan mereka. Keepon ini juga digunakan para ilmuwan untuk mempelajari poin-poin komunikasi anak.

Seperti yang dikutip dari Mashable, Keepon robot imut yang dilengkapi 2 mata manik-manik dan hidung berwarna hitam dan tubuh berwarna kuning yang terbuat dari karet lembut.

Robot imut ini dikembangkan oleh Dr. Hideki Kozima dari Universitas Miyagi. nama Keepon ini berasal dari kata “ki” yang berarti kuning dan suara yang keluar dari robot ini ketika memantul “pon!”.

“Dr. Hideki Kozima menemukan bahwa anak-anak sering takut dengan robot mekanis yang berukuran besar meski robot tersebut dibuat menyerupai anak-anak.”

“Mungkin juka ada Robot dengan penampilan fisik yang sederhana dan menunjukan penempilan sosial yang minimal akan membuat anak-anak lebih senang dan tidak takut,” kata Marek Michalowski.

Marek Michalowski fokus meneliti irama sebagai alat komunikasi kepada anak-anak, sementara Dr. Hideki Kozima fokus meneliti efek autisme pada interaksi anak-anak.

Marek Michalowski mengatakan bahwa anak-anak yang mengikuti penelitian ini merasa nyaman dengan wajah ramah robot imut Keepon.

“Tujuan kami adalah untuk memaksimalkan sejauh mana kita bisa menjaga integritas karakter Keepon dalam bentuk mainan. Kami bekerja sangat keras untuk berpikir tentang nilai-nilai interaksi dengan mainan dan bagaimana akan bersikap, ” kata Marek Michalowski.

Sayangnya, harga robot imut berwarna kuning ini cukup mahal, sekitar $30.000 atau sekitar 28 juta, namun Marek Michalowski mengatakan bahwa tantangan terbesarnya adalah membuat MyKeepon lebih murah.

“Menjual mainan memungkinkan kita melenjutkan pengembangan robot baru. Tapi yang lebih penting, memungkinkan kita untuk menyumbangkan robot ini kepada orang-orang di bidang tersebut,” tambah Marek Michalowski.

Anda penasaran dengan aksi robot imut Keepon? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda