Scroll to Top

Wikipedia Muncul Banner Iklan? Waspada, Mungkin Sebuah Virus

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 15 May 2012

Wikipedia plus iklan bahaya virusJika Anda tatkala mengunjungi situs ensiklopedi daring Wikipedia menjumpai adanya tampilan iklan dalam bentuk banner, harap waspada. Sebab diduga iklan tersebut adalah wujud dari sebuah virus.

The Next Web menuliskan jika tidak sedikit pengunjung Wikipedia yang melaporkan telah menjumpai tampilan iklan di Wikipedia dalam wujud banner (728×90) yang terletak diatas artikel.

Iklan tersebut adalah sebuah iklan murni – pihak ketiga – dan bukanlah sebuah iklan permohonan donasi Wikipedia.

Beberapa waktu lalu memang di Wikipedia sering muncul iklan donasi yang dituliskan langsung oleh sang founder Jimmy Wales.

Namun iklan yang dilihat oleh beberapa pengunjung Wikipedia adalah sebuah iklan komersil yang memromosikan produk atau jasa tertentu dari pihak ketiga.

“Kami tidak pernah membuat kebijakan iklan di Wikipedia. Wikipedia sendiri memeroleh dana dari donasi oleh lebih dari satu juga donatur,” tulis Wikipedia seperti dikutip dari The Next Web.

Wikipedia melanjutkan, donatur rata-rata mendonasikan kurang dari USD 30. Penggalangan dana dilakukan di tiap akhir tahun.

“Jika Anda melihat iklan dari industri nirlaba atau sejenisnya harap waspada, kemungkinan besar komputer (browser) Anda telah terinfeksi oleh malware,” lanjut Wikipedia.

Kini Wikipedia gencar mengedukasi pengguna terkait dengan perihal kemunculan iklan di situsnya. Mereka berharap agar pengunjung setia tidak salah persepsi atau terjebak masalah lebih serius terkait dengan malware.

“Yakinlah, iklan tidak akan muncul di laman Wikipedia. Kami mendistribusikan pengatahuan dan informasi pada semua orang di planet ini secara gratis dan bebas iklan,” lanjut Wikipedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda