Scroll to Top

Euro 2012: 27 Pemain Masuk dalam Skuad Sementara Belanda

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 16 May 2012

Belanda

Menjelang Euro 2012, Belanda terus mempersiapkan diri sematang mungkin. Selasa (15/5), pelatih Bert Van Marwijk memutuskan untuk merampingkan skuad sementara menjadi 27 dari 36 pemain yang dipanggil sebelumnya.

Belanda berada di Grup B, grup neraka pada Euro 2012 mendatang. Jerman, Portugal, dan Denmark siap menghadang runner-up Piala Dunia 2010. Jerman dikenal dengan regenerasi yang nyaris tanpa putus. Portugal memiliki seorang Cristiano Ronaldo. Sementara, Denmark mengandalkan para pemain mereka yang berlaga di liga top dunia.

Keseriusan Belanda untuk mengejar trofi di Polandia-Ukraina bisa dilihat dari sikap Van Maarwijk yang hanya mempertahankan tiga pemain yang belum pernah memperkuat timnas Belanda. Mereka adalah Jetro Millems, Luciano Narsingh, dan pemain berbakat Adam Maher.

Selebihnya, pemain-pemain mumpuni mengisi skuad sementara. Sebutlah Klaas-Jan Huntelaar dan Robin Van Persie, dua penyerang yang menjadi top skorer di liga yang digeluti masing-masing. RVP menjadi pencetak gol terbanyak Premier League dengan 30 gol. Sementara itu, Huntelaar menaklukkan penyerang Jerman, Mario Gomez, sebagai top skorer Bundesliga dengan 29 gol.

Barisan penyerang lain yang tetap masuk skuad sementara, adalah Dirk Kuyt, Ibrahim Afellay yang sudah pulih dari cedera, hingga Arjen Robben.
Di posisi gelandang, Siem de Jong gelandang 23 tahun yang membawa Ajax mempertahankan gelar Eredivisie juga masih dipertahankan. Mark Van Bommel si gaek pun demikian.

Sebaliknya, Urby Emanuelson (AC Milan) harus menerima nasib dicoret dari skuad.  Hedwiges Maduro (Valencia) juga didepak.

Belanda sendiri sudah terlalu lama tidak meraih gelar juara. Terakhir kali mereka memboyong Piala Eropa adalah pada tahun 1988 ketika Euro digelar di Jerman Barat. Selebihnya, dalam empat turnamen terakhir, mereka selalu mentok di perempat final atau semifinal. Termasuk di Euro 2000, kala tim Oranje gagal menjuarai Euro di negara sendiri.

Belanda Euro 2012

Skuad Sementara Belanda

  • Kiper: Tim Krul (Newcastle United), Maarten Stekelenburg (AS Roma), Michel Vorm (Swansea City).
  • Bek: Vurnon Anita (Ajax), Khalid Boulahrouz (VfB Stuttgart), Wilfred Bouma (PSV Eindhoven), John Heitinga (Everton), Joris Mathijsen (Málaga), Ron Vlaar (Feyenoord), Gregory van der Wiel (Ajax), Jetro Willems (PSV Eindhoven).
  • Gelandang: Mark van Bommel (AC Milan), Nigel de Jong (Manchester City), Siem de Jong (Ajax), Adam Maher (AZ Alkmaar), Stijn Schaars (Sporting Lisbon), Wesley Sneijder (Internazionale Milano), Kevin Strootman (PSV Eindhoven), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur)
  • Penyerang: Ibrahim Afellay (Barcelona), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04), Luuk de Jong (Twente), Dirk Kuyt (Liverpool), Jeremain Lens (PSV Eindhoven), Luciano Narsingh (Heerenveen), Robin van Persie (Arsenal), Arjen Robben (Bayern München).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda