Scroll to Top

Nuri Sahin Pemain Terburuk Liga Spanyol Musim Ini?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 17 May 2012

Nuri Sahin

Nuri Sahin layak mendapatkan pemain dengan takdir terburuk di Liga Spanyol musim 2011/2012.

Tidak ada yang bisa menjelaskan apa yang terjadi dengan Nuri Sahin. Tahun lalu, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Bundesliga (Liga Jerman). Keberhasilannya membawa Borussia Dortmund yang dihuni anak-anak muda seusianya menjadi juara, adalah faktor kunci penghargaan ini.

Umur Sahin yang kala itu masih 22 menjelang 23, begitu cocok dengan strategi bursa transfer Real Madrid era Florentino Perez. Daripada menguras bank untuk mendapatkan pemain-pemain top dunia yang tengah berada di usia keemasan, sang presiden Real Madrid lebih suka mencari daun muda berkualitas yang harganya tak terlalu berlebihan. Biaya transfer 10 juta Euro untuk memboyong gelandang Turki, tentu bukan apa-apa.

Namun, persaingan ketat di lini tengah Los Blancos mengaburkan semua harapan. Sahin tak bisa menembus kekokohan Xabi Alonso dan Sami Khedira. Bahkan dengan Esteban Granero sekalipun, ia tak mampu berbuat banyak.

Xabi Alonso bermain selama 4694 menit sepanjang musim. Sami Khedira, 3073 menit. Granero 1069 menit. Lassana Diarra yang kadang menjadi bek kanan, 1692 menit. Sementara, Sahin hanya 656 menit. 4 kali bermain di Liga Spanyol —salah satunya, tampil begitu buruk saat melawan Sporting Gijon—-, 4 di Liga Champions, dan 2 di Copa del Rey.

Untuk seorang pemain yang sebelumnya berlabel terbaik di liganya, hal ini jelas tamparan cukup telak. Apalagi ada Mesut Ozil dan Sami Khedira yang sama-sama terjun dari Bundesliga, dan pada musim pertama mereka (10-11) tampil melebihi Sahin.

Nuri Sahin 2

Sementara Nuri Sahin menduduki peringkat yang terburuk di Liga Spanyol musim ini karena gagal menembus skuad utama Jose Mourinho, ada dua nama lain yang layak dinominasikan mendapat gelar serupa.

Yang pertama adalah Jose Antonio Reyes (Sevilla) yang pulang kampung untuk mencetak 1 gol dari 17 penampilan. Kedua, Dani Guiza yang sekembalinya dari Turki cuma mempersembahkan 3 gol untuk klub kota Madrid, Getafe, dari 34 penampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda