Scroll to Top

Jualan Materi Pelajaran Secara Online, Guru TK Meraup 6 Milyar Rupiah

By Melissa / Published on Friday, 18 May 2012

Profesi guru memang bukan sebuah profesi yang dianggap mendatangkan banyak uang, namun situs Teachers Pay Teachers yang menjual susunan rencana pengajaran yang dibuat oleh para guru sepertinya akan mampu mengubah pandangan ini.

Deanna Jump, seorang guru TK asal Georgia, Amerika Serikat, berhasil mendapat keuntungan sebesar US$700,000 atau sekitar 6 miliar rupiah dengan menjual susunan rencana pengajaran kepada sesama guru melalui situs tersebut.

Paul Edelman, pendiri situs ini, berpendapat bahwa materi pengajaran yang disusun oleh para guru sebenarnya memiliki nilai jual. Dengan menjual susunan rencana pengajaran, para guru dapat menambah penghasilannya dan terus terpacu untuk menciptakan materi pengajaran yang berkualitas.

Saat ini, Teachers Pay Teachers berfokus pada materi untuk murid TK hingga SMP. Mata pelajaran yang populer adalah Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Matematika.

Materi rencana pengajaran ini rata-rata dibanderol sebesar US$5 – US$10, namun ada juga yang diberikan secara gratis.

Rata-rata para guru kreatif ini memanfaatkan fasilitas layanan jejaring sosial untuk promosi, seperti melalui Facebook, Twitter dan Pinterest.

Bagaimana menurut Anda? Apakah konsep ini dapat diterapkan di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan para guru?

(via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda