Scroll to Top

Eduardo Saverin: Saya Menjadi WN Singapura Bukan Lari dari Pajak Facebook

By Ibnu Azis / Published on Friday, 18 May 2012

Eduardo Saverin

Salah satu pendiri dan mantan CFO Facebook Eduardo Saverin membantah jika ia berpindah kewarganegaraan Singapura demi lari dari pajak. Seperti apa?

Menjadi warga negara Amerika Serikat adalah dambaan bagi setiap umat di muka bumi. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi lelaki berusia 30 tahun ini.

Pada tahun 1998, Eduardo Saverin menjadi warga negara Amerika Serikat setelah enam tahun lamanya menetap atau sejak tahun 1992.

Senter diberitakan, dirinya melepas kewarganegaraan Paman Sam dan memilih warga negara Singapura demi beban pajak yang tak terlalu memberatkan.

Eduardo Saverin sendiri memiliki saham sekitar 4% di Facebook dan ditaksir mencapai USD 3 hingga 4 miliar.

Jika pendapatan Facebook dari IPO semakin melonjak, maka ia harus membayar pajak lebih banyak lagi jika masih berstatus sebagai WN Amerika Serikat.

Aksi Eduardo Saverin ini sempat memeroleh kecaman dari para Senator Kota New York dan Kota Penssylvania Amerika Serikat. Salah satunya adalah Chuck Schumer Senator dari Kota New York.

“Sangat menyedihkan. Ia menjual negaranya hanya untuk menghindari membayar pajak. Kami tak akan membiarkan ia lolos begitu saja,” ujar Chuck Schumer pada Mashable.

Eduardo Saverin sendiri membahtah jika keputusannya ini dituding sebagai langkah seribu demi menghindari kewajiban negara.

“Saya telah membayar pajak dan terus membayar pajak selama menjadi orang Amerika. Sangat disayangkan jika pilihan pribadi ini menjadi perdebatan politik,” tutur Eduardo Saverin.

Patut diketahui jika Eduardo Saverin telah melepaskan kewarganegaraan Amerika Serikat pada bulan Januari 2011. Dan saat itu tak ada pemberitaan yang berarti akan keputusannya.

Sekarang, ketika Facebook memilih melantai bursa, tak sedikit media yang menyudutkan Eduardo Saverin. Banyak yang menuding jika keputusannya hanya sekadar untuk menghindari pajak.

Apakah pilihan Eduardo Saverin salah dengan melepaskan kewarganegaraan Amerika Serikat? Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda