Scroll to Top

Lionel Messi Penyerang Paling Berpengaruh di Liga Elite Eropa dalam 10 Tahun Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 May 2012

Lionel Messi

Lionel Messi mencetak 50 gol untuk Barcelona di Liga Spanyol. Artinya 43,86% gol El Barca sepanjang kompetisi, terlahir dari King Leo. Dalam sepuluh tahun terakhir, tidak ada penyerang yang mampu memperoleh catatan serupa.

Sepanjang empat tahun Barcelona dipegang Pep Guardiola, Lionel Messi bekerja sebagai penyihir. Musim pertama sang mesiah bersama Pep memang dilalui dengan status tidak terlalu spesial. King Leo masih kalah dengan Samuel Eto’o yang mencetak 30 gol di La Liga. Kala itu, torehan gol Messi hanya mencapai 23. Namun, musim 08-09 menjadi musim terakhir King Leo menjadi yang kedua di Barcelona.

Musim berikutnya, Lionel Messi mampu membobol gawang lawan sebanyak 34 kali di Liga Spanyol saja. Hal yang membuatnya meraih gelar pichichi 09-10. Satu-satunya pemain Barcelona yang mendekati Messi adalah Zlatan Ibrahimovic dengan 16 gol.

Musim 10-11, King Leo memang hanya mencetak 31 gol di liga domestik. Namun, secara keseluruhan, produktivitas golnya meningkat semua kompetisi dengan torehan 53 gol. Kali ini yang mendekati Messi hanyalah David Villa dengan 18 gol di Liga Spanyol.

Lionel Messi 6

Musim 11-12, gol Messi melesat ke angka 50 dalam 37 pertandingan saja. Sebuah hal yang membantu hampir setengah gol yang dibukukan Barcelona untuk 19 lawan di La Liga.

Yang menarik, dalam 10 tahun terakhir, tak ada seorang pun yang mampu mencapai persentase gol Messi untuk Barcelona. Rekor terdekat hanya diraih oleh duo penyerang dari generasi berbeda untuk Arsenal.

Thierry Henry pada musim 2003-04 mencetak 30 gol di Liga, setara dengan 41,1% gol The Gunners di Premier League musim tersebut. Sementara, Robin Van Persie musim ini, juga membukukan jumlah gol serupa Henry. Hanya, persentase RVP lebih kecil dengan 40,5% saja.

Melihat grafik gol Messi yang terus menaik dari tahun ke tahun, musim 12-13 mendatang, dengan usia yang semakin matang, bukan tidak mungkin King Leo akan mencetak lebih dari 50% gol Barcelona di Liga Spanyol.

(Marca/Esteve Calzada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda