Scroll to Top

Wikipedia Town: Kota Wikipedia Pertama di Dunia Dibuka di Welsh, Inggris

By Ibnu Azis / Published on Friday, 18 May 2012

Kota Wikipedia

Wikipedia telah membuka sebuah Kota Wikipedia atau Wikipedia Town di Kota Welsh, Inggris. Seperti apakah kota tersebut?

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia online yang memiliki jutaan database artikel di laman situsnya. Situs ini free dan memiliki kontributor di seluruh di dunia.

Wikipedia Town mencoba menghadirkan ensiklopedia dalam wujud sebuah kota. Dan di Kota Welsh, Inggris, Anda bisa menelusuri sejarah dan informasi terkait dengan objek dan lokasi di kota tersebut.

Natinya di setiap titik dan lokasi di Kota Welsh akan disebar sekitar 1.000 bar codes yang berbeda baik itu di musem, sekolah, bahkan di bar.

Tentu saja bar codes ini ditempatkan bukan di lokasi sembarang. Hanya di lokasi terpilih yang memiliki sejarah dan peristiwa penting terkait di Kota Welsh.

1.000 bar codes tersebut akan berupa plakat dan stiker yang menempel di tembok objek yang dipilih.

Proyek Wikipedia Town ini sendiri dijuluki dengan proyek Monmouthpedia yang telah dikerjakan selama enam bulan lamanya.

Penduduk dan pemilik objek yang dipilih telah ikut bagian dari proyek ini dengan membantu menuliskan artikel sesuai dengan bar codes di lokasi mereka masing-masing.

Dengan demikian ketika Anda berkunjung ke Kota Welsh dan menjumpai salah satu bar codes di sudut kota tersebut bisa memindainya dengan perangkat smartphone yang dimiliki.

Kemudian Anda akan memeroleh informasi terkait dengan situs dan objek serta lokasi tersebut langsung dari layar smartphone Anda.

Informasi yang disediakan terkait dengan 1.000 bar codes Wikipedia Town telah mendukung 26 bahasa. Apakah Indonesia masuk lirikan proyek Wikipedia di Wikipedia Town selanjutnya? Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda