Scroll to Top

Jadwal Liga Champion Final 2012

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 19 May 2012

Allianz Arena

Final Liga Champion 2011/2012 digelar di Fusball Arena pada Minggu, 20 Mei 2012 pukul 01.45 WIB. Dua tim berseteru di partai puncak ini. Chelsea mewakili Inggris, dan Bayern Muenchen mewakili Jerman.

Perbandingan Gelar

Bicara perbandingan gelar Eropa, Bayern Muenchen jauh lebih unggul daripada Chelsea. Wakil Jerman sudah merasakan nikmatnya tiga kompetisi berbeda. FC Holywood menggenggap trofi Piala Winners (sekarang tidak ada) pada musim 1966-67.

Mereka juga merengkuh Piala UEFA tahun 1995-96. Empat gelar Liga Champions didapatkan, tiga di antaranya terjadi pada tiga musim berturut-turut (1973-74, 1974-75, dan 1975-76).

Kontras dengan Chelsea, The Blues belum pernah mencicipi nikmatnya gelar juara di Liga Champions. Dua piala di ajang Eropa didapatkan dari Piala Winners, pada musim 1970-71 dan 1997-98.

Prestasi 9 Tahun Terakhir

Chelsea 2

Meski dari segi gelar, perbedaan keduanya begitu mencolok, tidak demikian halmya dengan prestasi beberapa tahun terakhir. Sejak Roman Abramovich mengendalikan The Blues, gelontoran dananya mengubah level Chelsea yang awalnya cuma klub yang bersaing untuk merebut piala-piala kelas dua, menjadi calon perengkuh gelar utama di tingkat domestik maupun Eropa.

Dalam sembilan tahun terakhir, Chelsea empat kali terhenti di semifinal, dan sekali gagal di partai puncak. Sementara itu, satu-satunya keberhasilan Muenchen menembus semifinal (sekaligus final) terjadi pada musim 09-10, ketika akhirnya FC Holywood disikat Internazionale.

Chelsea Cuma Menang Sekali Melawan Klub Jerman dalam Partai Tandang

Bayern Muenchen

Satu lagi yang perlu diwaspadai oleh The Blues, adalah kutukan bagi Chelsea kala menghadapi klub Jerman di kandang lawan. Dalam 6 pertemuan menghadapi klub Bundesliga pada partai tandang, The Blues nyaris selalu sial. Mereka cuma sekali menang, itu pun atas Werder Bremen pada musim 2003-04 dengan skor 0-1. Selebihnya, lima partai sisa berakhir dengan 4 imbang dan 1 kekalahan.

Kontras sekali dengan Bayern Muenchen. Dalam 16 laga kandang menghadapi klub Liga Inggris, FC Holywood mampu menggasak lawan 10 kali, imbang 5 kali, dan cuma sekali terjengkang. Satu-satunya kekalahan terjadi pada partai Piala UEFA 93-94, kala Norwich City menekuk mereka 1-2.

Kini, statistik siapakah yang lebih unggul? Apakah prestasi Chelsea yang lebih baik dalam 9 tahun terakhir akan menolong mereka? Ataukah Bayern Muenchen yang terbantu faktor kebiasaan menang di kandang atas tim-tim Inggris?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda