Lionel Messi 14 Gol Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions Musim 2011/2012

Lionel Messi

Untuk keempat kalinya berturut-turut, Lionel Messi menyandang gelar sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions. 14 gol diborong King Leo dalam 11 pertandingan saja.

Liga Champions musim ini memang bukan milik Barcelona. Tim Catalan kandas di semifinal oleh Chelsea yang bermain lebih disiplin. Namun, sebuah gelar individual, tak bisa dilewatkan oleh Lionel Messi.

Setelah musim 2008-09, 2009-10, dan 2010-11, sang mesiah kembali menyandang gelar top skorer. Messi unggul 2 gol dari Mario Gomez yang dalam partai final gagal mencetak gol.

Perjalanan si nomor 10 dalam merengkuh gelar top skorer musim ini, diawali dari Belarusia. Ketika itu, dijamu oleh BATE Borisov pada matchday 2 babak penyisihan grup, King Leo melepaskan sepasang gol di menit 38 dan 56.

Matchday keempat, hattrick dibuat Messi dalam rentang waktu 68 menit pada partai menghadapi tuan rumah Viktoria Plzen (Republik Cek). Penaltinya di menit 24 disusul dua gol lain, termasuk satu di injury time.

Pundi-pundi gol Messi bertambah ketika ia mencetak gol penalti —yang sempat diulang– di San Siro. Berhadapan dengan AC Milan, Barcelona yang mendominasi laga, sukses mencuri kemenangan 2-3.

Lionel Messi 4

Namun, yang sensasional tentu peristiwa di babak 16 besar. Satu gol dibuat King Leo saat diladeni Bayer Leverkusen di Bay Arena. Hal yang “membuat “Michal Kadlec dan Manuel Friedrich, dua bek Leverkusen, tergila-gila dan berebut kausnya.

Leg kedua babak perdelapan final menjadi laga terbaik Messi musim ini. Lima gol disarangkannya ke gawang Leverkusen dalam rentang waktu 60 menit, tanpa penalti. Barcelona mencukur klub Jerman 7-1 (agregat 10-2) dan menjadi favorit juara.

Sayang, dalam empat laga terakhir, 2 di perempat final dan 2 di semifinal, King Leo hanya mampu mencetak 2 gol. Itu pun dari titik penalti saat menggempur AC Milan 3-1 di leg kedua delapan besar. Selebihnya, Messi tak mampu menembus pertahanan Rossoneri dan Chelsea yang tampil rapi dan meminimalisasi peluang sang raja gol.

Lionel Messi 3

Meskipun demikian, 2 gol tambahan sudah cukup membuat Lionel Messi menorehkan 14 gol. Sepanjang sejarah Liga Champions, cuma ada satu orang yang selevel dengan Messi. Yaitu, Jose Altafini (AC Milan) pada musim 1962-63 ketika ajang ini masih bernama European Cup.

Satu hal yang menarik, dalam tiga tahun terakhir, koleksi gol Messi selalu bertambah. Musim 09-10 ia mencetak 8 gol, musim lalu 12 gol, dan kini 14 gol. Sebuah gambaran, bahwa bukan tidak mungkin musim depan, torehan gol Messi di kompetisi antar klub terbaik Eropa, melesat lagi.

Komentar Anda

Leave A Response