Scroll to Top

Hasil MotoGP Le Mans Prancis : Kemenangan Antar Jorge Lorenzo Kembali Pimpin Klasemen

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 20 May 2012

jorge lorenzo le mans 2012

Jorge Lorenzo sukses memenangi balapan di lintasan basah pada lanjutan seri MotoGP di Sirkuit Le Mans, Prancis. Kemenangan tersebut mengantarkan Lorenzo kembali ke tahta pimpinan klasemen yang sebelumnya sempat direbut oleh Casey Stoner pada seri Estoril, Portugal.

Lorenzo yang memulai lomba dari posisi empat, melesat cepat ke posisi pertama untuk memimpin jalannya lomba. Tidak butuh waktu lama bagi Lorenzo meninggalkan lawan-lawannya hingga selisih waktu 4 detik.

Sementara dibelakangnya, pertarungan duo Repsol Honda, duo Yamaha Tech3, dan Valentino Rossi baru dimulai. Pedrosa yang menduduki posisi pole tumbang lebih dulu dan tersingkir dari ketatnya pertarungan.

Stoner yang sempat ditempel ketat oleh Rossi berhasil menjauh dari grup dan mulai mengejar Lorenzo di posisi terdepan.

Tinggalah Rossi bersama duo Tech3 yakni Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Ketiganya beberapa kali kedapatan melakukan aksi saling susul memperebutkan posisi podium ketiga.

Crutchlow tereliminasi terlebih dulu setelah terjatuh pada putaran ke-18 saat hendak memasuki chicane. Pertarungan kemudian menyisakan Rossi dan Dovizioso. Sayangnya Dovizioso harus menyusul rekannya Crutchlow saat ia kehilangan kendali motornya dan terjatuh pada putaran ke-22.

Rossi perlahan mulai mendekati Stoner dan melancarkan tekanan kepada pembalap Australia tersebut. Puncaknya pada putaran terakhir, Rossi berhasil melibas Stoner untuk mengklaim posisi podium kedua. Ini adalah posisi terbaik yang berhasil dicapai Rossi sejak bergabung dengan Ducati tahun lalu.

Lorenzo yang tidak terkejar berhasil memenangkan lomba dengan selisih 9 detik dari Rossi di posisi kedua. Dibelakang keduanya ada Stoner yang tampaknya kembali terganggu dengan masalah ban.

Mengambil keuntungan dari kesalahan dua pembalap Tech3, Pedrosa mengamankan posisi keempat. Stefan Bradl dari LCR Honda pun turut mengambil keuntungan akan hal itu untuk berada di posisi lima.

Posisi enam dihuni Nicky Hayden diikuti dua pembalap Tech3 Yamaha yang beruntung masih bisa berada di posisi tujuh dan delapan, masing-masing diwakili oleh Dovizioso dan Crutchlow secara berurutan.

Dua posisi terakhir di sepuluh besar dihuni oleh Hector Barbera dan Alvaro Bautista. Sementara itu, James Elison keluar sebagai pemenang kategori CRT pada balapan kali ini.

Hasil MotoGP Le Mans Prancis :

  1.  Jorge Lorenzo Yamaha 49m39.743s
  2.  Valentino Rossi Ducati + 9.905s
  3.  Casey Stoner Honda + 11.298s
  4.  Dani Pedrosa Honda + 29.361s
  5.  Stefan Bradl LCR Honda + 32.477s
  6.  Nicky Hayden Ducati + 32.842s
  7.  Andrea Dovizioso Tech 3 Yamaha + 59.759s
  8.  Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 1m05.152s
  9.  Hector Barbera Pramac Ducati + 1m07.846s
  10.  Alvaro Bautista Gresini Honda + 1m13.193s
  11.  James Ellison Paul Bird Aprilia + 1m26.663s
  12.  Mattia Pasini Speed Master Aprilia + 1m27.633s
  13.  Aleix Espargaro Aspar Aprilia + 1 lap
  14.  Michele Pirro Gresini FTR-Honda + 1 lap
  15.  Yonny Hernandez Avintia FTR-Kawasaki + 1 lap
  16.  Ben Spies Yamaha + 1 lap
  17.  Chris Vermeulen Forward Suter-BMW + 2 laps
  18.  Ivan Silva Avintia Inmotec-Kawasaki + 2 laps

Retirements

  • Danilo Petrucci Ioda-Aprilia 24 laps
  • Randy de Puniet Aspar Aprilia 22 laps
  • Karel Abraham Cardion Ducati 11 laps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda