Scroll to Top

Coppa Italia: Napoli Akhiri Puasa Gelar Selama 22 Tahun

By Wan Faizal / Published on Monday, 21 May 2012

Napoli - Coppa Italia 2012

Keberhasilan Napoli merengkuh trofi Coppa Italia 2012 setelah mengalahkan Juventus dengan skor 0-2 memang patut dirayakan oleh seluruh awak Napoli beserta para fans. Bukannya apa-apa, kesuksesan yang diraih di Stadio Olimpico Roma ini memupus puasa gelar yang dialami oleh Napoli selama 22 tahun!

Sebagai eks tim besar di Italia, puasa gelar selama 22 tahun tentu menjadi sebuah pengalaman yang tak mengenakkan bagi I Partenopei. Terakhir kali mereka merasakan nikmatnya menjadi yang terbaik adalah pada tahun 1990.

Kala itu, Napoli mampu meraih dua gelar sekaligus. Pertama adalah scudetto Serie-A musim 1989-1990. Dan disusul dengan trofi Supercoppa Italia pada tahun yang sama. Maka, tak heran jika Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, menyebut bahwa Napoli telah terlahir kembali.

“Ini bukanlah trofi pertama saya, tapi ini adalah yang pertama di era Napoli yang baru,” ucap De Laurentiis.

Ya, Napoli memang seperti terlahir kembali. Sempat mengalami kebangkrutan pada Agustus 2004 karena memiliki utang lebih dari 70 juta euro, Napoli terselamatkan oleh kehadiran De Laurentiis, seorang produser film kenamaan Italia. De Laurentiis membangun kembali Napoli dengan nama baru, Napoli Soccer, karena FIGC melarang Napoli menggunakan nama lama mereka, Societa Sportiva Calcio Napoli.

Kebangkrutan itu juga memaksa FIGC mendepak Napoli ke Serie-C1. Setelah berjuang keras, Napoli akhirnya mampu kembali ke Serie-A pada musim 2007-2008. Kabar baik lainnya, pada Mei 2006, usaha Napoli untuk bisa menggunakan nama lawas mereka terkabulkan.

“Klub ini terlahir kembali pada tahun 2004. Namun pada tahun-tahun berikutnya, kami meraih kesuksesan. Yang terpenting adalah Napoli tetap hidup, eksis, dan menjadi juara di dunia olahraga ini,” lanjut De Laurentiis.

Gelar tak resmi juga disandang oleh Napoli musim ini. Mereka resmi menjadi klub pertama yang bisa mengalahkan Juventus di musim ini. Seperti diketahui, musim ini Juve belum pernah terkalahkan, termasuk di 38 pertandingan Serie-A 2011-2012.

“Nyaris tidak terpikirkan oleh kami bisa mengalahkan Juventus dalam waktu 90 menit ketika mereka tak pernah terkalahkan sepanjang musim. Ini bagaikan gelar kedua kami musim ini,” ungkap Walter Mazzarri.

Well, apapun itu, tak ada salahnya jika mengucapkan selamat atas jerih payah Napoli musim ini. Trofi Coppa Italia rasanya menjadi harga yang pantas bagi perjuangan hebat Edinson Cavani dkk musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda