Scroll to Top

Insinyur Ciptakan Unprint Untuk Hapus Hasil Cetak Printer

By Ditya / Published on Monday, 21 May 2012

Unprint

Tipp-Ex adalah benda yang didalamnya terdapat cairan berwarna putih yang berfungsi untuk menutupi kesalahan menulis dengan tinta.

Di era serba komputer ini, insinyur telah mengembangkan sebuah alat yang berfungsi layaknya Tipp-Ex tradisional namun berfungsi pada media kertas hasil cetak printer.

Berbeda dengan tipp-ex tradisional yang menutupi coretan yang salah dengan cairan putih, alat yang diberi julukan “unprint” ini memiliki memiliki cara kerja yang berbeda.

Insinyur telah mengembangkan cara menghapus hasil cetakan yang salah dengan memanfaatkan laser untuk menghilangkan tinta hasil cetak dari printer dari kertas, sehingga kertas dapat digunakan kembali untuk mencetak dokumen atau fotokopi.

Seperti yang dikutip dari Telegraph, para peneliti yang mengembangkan unprint ini berasal dari Universitas Cambridge.

Para insinyr ini menggunakan pulsa pendek dari sinar laser untuk menghapus kata-kata atau gambar yang telah dicetak printer di kertas.

Laser melakukan vaporize tinta toner tanpa merusak media kertas dan membuka prospek komputer masa depan yang dilengkapi dengan fasilitas unprint.

Dr. Julian Allwood, pemimpin tim peneliti, mengatakan bahwa penggunaan alat unprint secara massal akan mengurangi konsumsi kertas secara signifikan dan itu artinya mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk menghasilkan kertas.

Selain menghemat kertas, Dr. Julian Allwood juga mengatakan bahwa alat ini dapat memberikan alternatif daur ulang kertas yang lebih murah.

“Proses ini bekerja pada berbagai toner dan tidak merusak kertas, sehingga kertas masih layak untuk digunakan kemabli untuk mencetak atau fotokopi,” kara Dr. Julian Allwood.

Menurut Dr. Julian Allwood memperkirakan bahwa biaya untuk membuat prototipe ini mencapai sekitar 19.000 poundsterling atau sekitar 270 juta rupiah, cukup mahal, namun harga ini akan turun jika telah dibuat versi komersialnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda