Scroll to Top

Facebook IPO Terjun ke Bursa Saham, Inilah Dampaknya bagi Facebookers

By Ibnu Azis / Published on Monday, 21 May 2012

Facebook IPO

Keputusan Mark Zuckerberg dalam melantai bursa dan terjun ke IPO memang memiliki dampak positif bagi pundi-pundi finansial Facebook. Namun untuk pengguna atau Facebookers?

Facebook IPO telah resmi terdaftar di bursa saham Nasdaq. Dengan nilai USD 42,05 per sahamnya, nilainya terus meningkat hingga 10,5% Sabtu (18/05/12) silam.

Dough Roller, seorang konsultan keuangan menuliskan di surat kabar US News and World Report empat dampak yang mungkin berimbas ke Facebookers pasca Facebook IPO. Dan berikut diantaranya.

Facebook akan lebih banyak iklan

Iklan di Facebook sangat biasa. Anda pasti akan sering melihatnya di sidebar sebelah kanan laman Facebook Anda. Namun pasca IPO Facebook akan semakin banyak iklan.

Sebab Facebook akan dituntut investor dalam menggali pundi-pundi pendapatan. Dan salah satu ladang pendapatan utama Facebook adalah iklan di situs mereka.

Iklan Facebook akan merambah mobile

Masih terkait dengan iklan, diprediksi iklan Facebook nantinya selain menjamur juga akan sering menghiasi laman Facebook mobile atau aplikasi mobile-nya.

Hal ini dipandang wajar. Sebab pertumbuhan gadget semakin menjamur. Dan users yang mengakses Facebook juga didominasi oleh aktivitas mobile.

Masalah privasi

Facebook bukan mesin penelusuran laiknya Google. Dan Facebook harus menggeneralisasi data penggunanya agar bisa menempatkan iklan yang sesuai.

Dengan demikian maka akan menjadi dampak negatif jika data tersebut tidak digunakan dengan ‘benar’. Sebab iklan yang bersliweran di Facebook ditampilkan berdasarkan ketertarikan (data) penggunanya.

Facebook generated content

Disadari atau tidak Facebook adalah sebuah website yang berkonsep user generated content atau UGC. Dengan demikian situs ini memiliki potensi yang besar dari unsur konten.

Pengguna bebas mengunggah informasi tanpa batas di Facebook tanpa risau akan masalah privasi. Namun jika tidak, mereka akan mulai meragukan kebijakan privasi Facebook.

Apakah Anda was-was dengan dampak Facebook setelah terjun ke bursa saham? Tulis kekhawatiran tersebut di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda