Scroll to Top

Liga Champion dalam Angka

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 21 May 2012

Final Liga Champions 2

Liga Champions musim 2011-12 sudah berakhir. Sekian banyak momen bergulir sepanjang musim. Mulai dari terdepaknya Manchester City dan United di babak penyisihan grup, gagalnya duo raksasa Spanyol di semifinal, dan puncaknya keberhasilan Chelsea menjadi juara baru kompetisi paling bergengsi antar klub Eropa ini. UEFA baru saja merilis catatan Liga Champions dalam angka.

APOEL

1 - angka ini begitu penting bagi APOEL. Ya, mereka menjadi klub Liga Siprus pertama yang berhasil menembus babak delapan besar. Kejutan sudah diawali ketika APOEL sukses menjadi runner-up grup G yang terdiri dari klub-klub yang lebih terkenal, seperti Zenit St. Petersburg, Porto, dan Shakhtar Donetsk. Ketika menapaki 16 besar pun, APOEL masih dianggap minor dibandingkan sang lawan, Olympique Lyon. Namun, semangat pantang menyerah, sukses membawa juara Siprus menang adu penalti; dan baru tersingkir oleh Real Madrid dengan agregat 8-2.

Chelsea 1

4 - Angka empat adalah angka unik sekaligus angka sial bagi kota Munich. Dalam empat kesempatan ketika kota ini dipilih, selalu ada juara baru di Liga Champions. Hal ini dimulai dari Nottingham Forest (musim 1978-79) yang menaklukkan Malmo (Swedia) di Olympiastadion. Berikutnya ada Olympique Marseille yang menaklukkan AC Milan 1-0 pada musim 1992-93 di stadion yang sama. Selang empat tahun giliran Borussia Dortmund yang memanfaatkan kesukaan Olympiastadion mencari juara baru ketika menumbangkan Juventus 3-1. Kini, lokasi diubah ke Fusball Arena dan Bayern tumbang di kandang sendiri.

Lionel Messi 5

5 - Lionel Messimencetak lima gol dalam satu pertandingan ketika Barcelona melawan Leverkusen di leg kedua babak 16 besar. King Leo bergabung dengan 10 pemain lain yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan, ketika ajangini masih bernama European Cup. Nama terakhir sebelum Messi yang mampu mengoyak gawang lawan 5 kali dalam satu laga adalah Soren Lerby (Ajax) saat klubnya menumpas Omonia 10-0 di ronde kedua Liga Champions musim 1979-80.

Final Liga Champions

6 - Duel Bayern Muenchen vs Chelsea di partai final musim ini adalah duel keenam tim Jerman vs Inggris di puncak kompetisi antar klub Eropa. Klub Inggris menunjukkan superioritasnya dengan mengoleksi 5 kemenangan.

Bafetimbi Gomis

7- Jumlah menit yang dibutuhkan Bafetimbi Gomis untuk mencetak hattrick ke gawang Dinamo Zagreb di babak penyisihan grup. Gomis sendiri mencetak 4 gol dalam laga tersebut. Interval waktu ini adalah yang tercepat; memecahkan rekor Mike Newell.

Jonas

10 - tepatnya detik 10.48. Inilah yang dibutuhkan Jonas (Valencia) untuk mencetak gol ke gawang Bayer Leverkusen dalam kemenangan 3-1 klubnya. Rekor ini adalah rekor gol tercepat kedua dalam sejarah Liga Champions.

(UEFA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda