Scroll to Top

Jose Mourinho Selalu Juara Liga Dua Kali Beruntun

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 22 May 2012

Jose Mourinho

Musim 2012-13 belum bergulir. Namun, sejarah Jose Mourinho sudah memberi peringatan. The Special One selalu juara liga dua kali beruntun.

Musim ini, The Special One resmi menjadi The Special Four. Jose Mourinho terbukti mampu menaklukkan empat liga elite Eropa. Dimulai dari liga di tanah kelahiran Portugal, Liga Inggris, Liga Italia, dan terakhir Liga Spanyol. Satu yang layak diperhatikan adalah keberhasilan Mou untuk meraih gelar juara, andai musim sebelumnya juga berhasil memboyong predikat terbaik di liga.

Catatan ini dimulai Mou ketika menukangi Porto. Jose Mourinho membawa klub Portugal menjuarai liga setempat pada musim 2002-03. Musim berikutnya, Mou sukses mempertahankan gelar. Juara Liga Primer Portugal musim 2003-04, lagi-lagi menjadi milik Porto.

Demikian pula yang terjadi ketika Mou menukangi Chelsea. Setelah sukses membawa The Blues menjuarai Liga Primer Inggris musim 2004-05, musim berikutnya Jose Mourinho mengulang prestasi serupa.

Meski Chelsea 2005-06 menelan 5 kekalahan, mereka tetap mampu mengantongi 91 poin (cuma kurang 5 poin dari raihan yang didapat pada musim sebelumnya). 2 dari 5 kekalahan tersebut, terjadi di dua pekan terakhir setelah Chelsea resmi menjadi juara pada pekan ke-36.

Jose Mourinho 3

Di Internazionale, kasusnya pun demikian. Jose Mourinho melanjutkan tradisi Nerazzuri meraih scudetto pada musim 2008-09 dengan terpaut 10 angka dari Juventus. Musim berikutnya, Inter kembali memperoleh gelar yang terbaik di Liga Italia —plus Coppa Italia dan Liga Champions—. Kali ini dengan selisih 2 angka dari AS Roma.

Di Real Madrid, setelah menyerah pada musim pertama, Mou sukses pada musim 2011-12. Dengan poin 100, klubnya unggul 9 angka dari Barcelona. Menarik untuk dinanti, apakah tradisi juara dua kali berturut-turut Jose Mourinho di Liga Portugal, Liga Inggris, dan Liga Italia, akan berlanjut pula di Liga Spanyol musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda