Scroll to Top

Liga Inggris: Didier Drogba, Raja Partai Final

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 22 May 2012

Didier Drogba - Liga Champions

Kuat, cepat, dan tajam di depan gawang lawan. Itulah gambaran singkat mengenai Didier Drogba, striker yang akan meninggalkan Chelsea dan gemerlapnya Liga Inggris pada bulan depan. Tapi, tahukah Anda jika selama membela Chelsea, Drogba memiliki catatan yang cukup apik untuk dikenang ketika ia berlaga dalam sebuah partai final?

Delapan tahun membela Chelsea, Drogba telah bermain di banyak partai final. Baik itu final FA Cup, Carling Cup, atau Liga Champions.

Minus kartu merah yang ia terima di final Liga Champions 2008 di Moskow saat Chelsea takluk dari Manchester United, Drogba lebih sering mampu membuktikan diri bisa menjadi andalan di lini depan timnya.

Gol Drogba, Muenchen vs Chelsea

Total, Drogba selalu mencetak gol dalam delapan laga final yang dilakoni Chelsea. Eloknya, dari total delapan partai tersebut, tujuh diantaranya berhasil menambah koleksi piala di markas Chelsea.

Berikut adalah laga-laga final Chelsea dimana Drogba mampu mencetak gol:

  • Final Carling Cup 2005: Liverpool 2-3 Chelsea. Laga berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal 90 menit. Namun di babak extra time, Chelsea lebih perkasa dengan mampu mencetak dua gol lewat aksi Drogba dan Mateja Kezman. Liverpool hanya mampu membalas satu lewat gol Antonio Nunez. Kemenangan ini juga membuahkan trofi pertama Chelsea di era Jose Mourinho.
  • Final Carling Cup 2007: Chelsea 2-1 Arsenal. Diwarnai insiden memalukan diantara para pemain kedua tim, Drogba muncul sebagai sosok pahlawan bagi Chelsea. Sempat tertinggal oleh gol Theo Walcott, Chelsea akhirnya mampu membawa pulang trofi setelah Drogba mampu mencetak dua gol untuk merubah keadaan menjadi 2-1.
  • Final FA Cup 2007: Chelsea 1-0 Man. United. Pertandingan berlangsung sengit dan ketat. Hal itu terlihat dari skor kacamata hingga waktu normal berakhir. Diprediksi akan berlanjut ke babak adu penalti, Drogba muncul sebagai sosok pembeda di laga ini. Golnya di menit 116 cukup untuk membuat para pemain United gigit jari.
  • Final Carling Cup 2008: Chelsea 1-2 Tottenham. Inilah satu-satunya laga final dimana Drogba mampu mencetak gol, namun gagal menghadirkan trofi bagi Chelsea. Unggul lebih dulu, Chelsea harus kecewa karena Dimitar Berbatov dan Jonathan Woodgate mampu membuat Spurs balik unggul lewat babak perpanjangan waktu.
  • Final FA Cup 2009: Chelsea 2-1 Everton. Sempat tertinggal oleh gol Louis Saha di awal laga, Chelsea mampu membalikkan skor menjadi 2-1. Drogba mengawali kebangkitan Chelsea sebelum gol kemenangan dicetak oleh Frank Lampard.
  • Final FA Cup 2010: Chelsea 1-0 Portsmouth. Sebiji gol dari Drogba di menit 59 sudah cukup untuk mengakhiri kejutan yang coba dibuat Portsmouth di final FA Cup kali ini.
  • Final FA Cup 2012: Chelsea 2-1 Liverpool. Unggul lebih dulu lewat Ramires di babak pertama, Drogba memperbesar keunggulan Chelsea di babak kedua lewat sebuah gol yang menunjukkan insting tajamnya.
  • Final Liga Champions 2012: Bayern Muenchen 1 (3)-(4) 1 Chelsea. Drogba mengejutkan publik tuan rumah dengan golnya di menit 88 yang memaksa pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Di babak adu penalti, Drogba maju sebagai eksekutor terakhir Chelsea dan sukses membawa Chelsea meraih gelar Liga Champions pertama mereka.

Penalti Drogba, Muenchen vs Chelsea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda