Scroll to Top

Instagram Vs. Facebook Camera, Siapa Yang Lebih Unggul?

By Ditya / Published on Saturday, 26 May 2012

Facebook Camera Vs Instagram

Instagram memang telah dibeli oleh raksasa jejaring Facebook dengan nilai yang fantastis, 1 milyar. Akuisisi tersebut kini mulai menampakkan hasilnya, Facebook meluncurkan aplikasi mirip Instagram, Facebook Camera.

Meski Instagram telah dibeli Facebook, Namun Facebook memutuskan untuk tetap meluncurkan aplikasi Facebook Camera yang terpisah dari Instagram.

Facebook Camera dan Instagram memiliki fungsi serupa dengan tampilan yang sangat mirip, keduanya juga hadir di iPhone, lalu siapakah yang lebih unggul?

Gizmodo telah melakukan perbandingan terhadap aplikasi Instagram dan Facebook Camera yang ditinjau dari berbagai sisi.

Antarmuka

Meski kedua aplikasi ini memiliki sejumlah kemiripan, namun Instagram dinilai lebih matang dan efisien.

Instagram telah berumur 2 tahun yang dikembangkan secara ketat oleh tim yang kompeten dibidangnya. Hal ini menghasilkan tampilan antar muka yang sederhana, efisien dan mudah digunakan.

Sementara itu, aplikasi Facebook Camera masihlah sangat muda dari segi umur, sehingga diperkirakan masih belum menyamai Instgram .

Antar muka Facebook Camera memang mirip dengan Instagram, namun penggunaannya agak berbeda, pengguna harus beradaptasi disini. Tampilan foto di Facebook Camera lebih besar dibanding Instagram dan dapat di-zoom.

Gizmodo memilih Instagram sebagai pemenang dilihat dari sisi antarmuka.

Pengambilan Gambar

Dari segi pengambilan gambar, keduanya hampir sama. Tapi tombol shutter Instagram terlihat lebih menonjol dari pada Facebook Camera.

Facebook Camera menawarkan filter atau efek foto yang identik dengan Instagram, namun cakupan filter Instagram lebih luas, sehingga Instagram kembali menjadi pemenang.

Berbagi Foto

Instagram sejak awal dianggap pesaing utama oleh Facebook dalam hal berbagi foto, namun kini Instagram telah di beli oleh Facebook.

Instagram telah memiliki berbagai macam fitur untuk berbagi foto. Instagram ini memiliki cara kerja mirip Twitter, pengguna hanya akan melihat foto-foto dari orang-orang yang diikuti atau dikehendaki.

Facebook Camera berbeda dengan Instagram, aplikasi ini tersambung dengan jejaring sosial Facebook dan menampilkan semua foto yang di upload teman pengguna di Facebook pada news feed-nya. Facebook Camera hanya menampilkan foto saja, bukan status atau posting lain selain foto di news feednya.

Menurut gizmodo, Facebook Camera lebih unggul disini, karena memiliki basis pengguna yang lebih besar, sekitar 900 juta pengguna aktif, sehingga lebih worth berbagi foto di Facebook Camera dibanding Instagram.

Keseluruhan

Mungkin Instagram memiliki berbagai keunggulan disisi fungsionalitas aplikasi dan Instagram juga lebih matang dan dewasa dibanding Facebook Camera yang baru saja diluncurkan.

MenururtGizmodo, Facebook Camera tampak lebih unggul secara keseluruhan, karena aplikasi ini terhubung dengan jejaring sosial terbesar serta memiliki fungsionalitas yang serupa dengan Instagram. Hal ini tidak dimiliki oleh Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda